Breaking News:

Siswa SMP Bawa Nama Harum Bangka Belitung ke Tingkat Internasional, Kadisdik Pastikan Dapat Beasiswa

Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung turut mengapresiasi atas torehan prestasi yang diraih siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Dokumentasi
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Eddy Supriadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung turut mengapresiasi atas torehan prestasi yang diraih siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 2 Pangkalpinang.

Di mana Refa Nurtantiawati (15) siswi kelas IX ini berhasil mendapatkan medali perunggu diajang International Junior Science Olympiad (IJSO) yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab pada 12-21 Desember 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan, prestasi tersebut berhasil mengukir sejarah bagi Provinsi Bangka Belitung diajang internasional.

“Saya pikir ini apresiasi yang luar biasa, ini buah dari kedisiplinan, ketekunan dan belajar keras selama ini, sehingga membuahkan hasil yang luar biasa,” kata dia kepada Bangkapos.com, Selasa (21/12/2021).

Eddy menilai, keberhasilan Refa untuk medali perunggu ini tak lepas dari peran orangtua, sekolah hingga guru. Oleh karenanya ini akan menjadi pelajaran bagi pihaknya ke depan.

Tangkapan layar Refa Nurtantiawati peraih medali perunggu diajang IJSO di Dubai, Uni Emirat Arab.
Tangkapan layar Refa Nurtantiawati peraih medali perunggu diajang IJSO di Dubai, Uni Emirat Arab. (Tangkapan layar)

Pasalnya sebagai upaya mewujudkan siswa yang berprestasi, karena hal itu perlu mendapatkan dukungan dari stakeholder terkait.

“Ini adalah hasil godokan yang luar biasa, hasil pelatihan baik di level sekolah provinsi, ataupun nasional. Mari bersama-sama, karena ini tidak bisa diklaim satu pihak kita harus kerja bersama,” ujar Eddy.

Kadisdik memastikan, pihaknya akan memberikan apresiasi berupa beasiswa bagi Refa berikut siswa lainnya yang memang berprestasi baik ditingkat provinsi maupun nasional.

Namun hal itu kembali lagi kepada kebijakan kepala daerah. Dengan harapan siswa berprestasi memiliki komitmen dan tanggung jawab yang baik.

“Ini tentunya kembali kepada kebijakan kepala daerah, apalagi anak ini kelas 3 SMP harus diberikan akses yang baik dan mudah untuk ke jenjang berikutnya. Walaupun perunggu ini sudah menorehkan prestasi yang luar biasa,” urainya.

Miliki Potensi Besar Jadi Pemantik

Eddy mengklaim, anak-anak di Bangka Belitung memiliki potensi dan kesempatan yang besar untuk mengikuti kejuaraan ditingkat internasional.

Hal ini kembali kepada bagaimana cara membimbing, mengarahkan peserta didik ke depannya.

“Saya pikir anak-anak di Bangka Belitung semuanya memiliki potensi dan kesempatan yang baik ke depannya. Jika dipupuk masih banyak yang lainnya,” kata Eddy.

Eddy mengatakan, dengan adanya prestasi ini tentunya dapat menjadi perhatian sekaligus pemantik semangat bagi siswa Pangkalpinang.

“Mari bangun kebersamaan jadi siswa yang berprestasi ini bisa menyebarkan informasi, memberikan pembekalan bagi teman-teman yang lainnya,” pungkas Eddy. ( Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved