Breaking News:

VIDEO Ruang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang

Vaksinasi Covid-19 masih terus digalakan hingga sekarang, bahkan beberapa daerah semakin gencar mengejar capaian herd immunity.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Vaksinasi Covid-19 masih terus digalakan hingga sekarang, bahkan beberapa daerah semakin gencar mengejar capaian herd immunity.

Sembilan box pendingin memenuhi sisi ujung gudang Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.

Vaksin yang biasa kita jumpai dalam bentuk botol kecil atau vial itu kini hanya terlihat dalam wadah kotak-kotak saja.

Satu box pendingin bisa berisi dua sampai tiga jenis vaksin, bukan hanya vaksin covid-19 saja tapi vaksin rutin juga disimpan disana seperti vaksin DPT, vaksin Polio, vaksin hepatitis dan lainnya.

Kabid Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Tri Wahyuni Musrohani menyebut penyimpanan vaksin sendiri harus sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) dalam rangka menjamin kualitas vaksin tetap terjaga sampai diterima oleh sasaran.

Diakui Tri, hingga kini box tersebut sudah hampir penuh lantaran ada beberapa jenis vaksin covid-19.

"Jadi semua jenis vaksin kita simpan disini, bukan hanya vaksin covid-19 saja tapi semua vaksin rutin. Ruang penyimpanan harus terhindar dari paparan sinar matahari langsung," ujar Tri kepada Bangkapos.com, Selasa (21/12/2021).

Ruang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.
Ruang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Dokumentasi)

Baca juga: Ternyata Petinggi F1 Pantau Sirkuit Mandalika, Diam-diam Jadi Penonton WSBK Indonesia 2021

Baca juga: Ciri-Ciri Uang Rp 75 Ribu yang Pasti Dibeli Rp 20 Juta per Lembar, Langsung Cek Uangmu

Kata Tri, penyimpanan vaksin rata-rata pada Suhu 2-8 °C (Celcius). Kecuali vaksin Moderna yang lebih dingin hingga pembekuan -20 drajat celcius, yang juga digabungkan dengan vaksin Polio. Juga vaksin Pfizer yang disimpan dalam suhu -70 derajat Celsius.

"Suhunya memang kita atur sesuai dengan juknisnya, setelah dari sini baru kita distribusikan vaksinnya keseluruh layanan kesehatan. Untuk ketahanan vaksin tergantung dari expired date dalam labeling vial vaksinya," jelasnya.

"Kecuaki vaksin Pfizer memang harus dibekukan dulu, kalau dia dismpan disuhu -70 itu bisa bertahan selama enam bulan, kalau subunya 2-8 celcius itu hanya bertahan selam sebulan saja," tambahnya.

Tri menyebut, expired vaksin masing-masing berbeda setiap jenisnya. Seperti Sinovac rata-rata expired bulan Maret tahun depan dan biasanya sebelum masa expired vaksin terlebih dulu habis.

"Setiap vaksin beda masa expirednya tergantung tanggal produksinya. Tapi biasanya rata-rata tiga sampai enam bukan rentang waktunya," sebutnya.

Lemari es penyimpanan vaksin yang sudah berstandar WHO tersebut dilengkapi monitor digital yang menunjukkan suhu lemari es. Setiap lemari es dilengkapi dengan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik tetap stabil.

Tri menambahkan, tempat penyimpanan vaksin tersebut bisa menampung 100 ribu dosis vaksin. Dan untuk vaksin covid-19 bisa 60 ribu dosis atau 6000 vial. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved