Breaking News:

Beri Edukasi Pembentukan Karakter Anak, Tim Mahasiswa PKM Prodi BKI Kunjungi SDN 6 Petaling

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. Dalam membentuk kepribadian maha

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Babel
Tim Mahasiswa PKM Prodi BKI saat bersama siswa/siswi SDN 6 Petaling 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. Dalam membentuk kepribadian mahasiswa yang memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama serta mengimplementasikan pengetahuan yang mahasiswa miliki khususnya pengetahuan di bidang bimbingan konseling islam dalam kehidupan masyarakat merupakan salah satu tujuan terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam(BKI) khususnya pada mata kuliah Bimbingan Konseling Kesehatan.

Pengabdian masyarakat dilakukan oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) yang dibimbing oleh Dr. Hj. Fatma Sylvana Dewi Harahap, SST, MA.Kes. Selaku dosen pengampu mata kuliah bimbingan konseling kesehatan, dengan Tim PKM Mahasiswa beranggotakan empat orang yang terdiri dari Cahya dhealivenda selaku ketua pelaksana, saskian heranita, rismawati dan wira aditia wardana sebagai anggota.

Dalam terlaksanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, Tim Pelaksana PKM mahasiswa mengambil judul “Pembentukan Karakter Anak Melalui Rancang Bangun Tempat Sampah" di SD Negeri 6 Petaling Kecamatan Mendo Barat, Rabu (15/12/2021).

Disampaikan oleh Cahya Dhealivenda selaku ketua pelaksana Kegiatan pengabdian masyarakat di SD negeri 6 Petaling Kecamatan Mendobarat ini dilaksanakan di kelas tiga di SD Negeri 6 Petaling.

Dengan kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan kesehatan dari perspektif bimbingan dan konseling islam mengenai pembentukan karakter anak melalui rancang bangun tempat sampah, ujar cahya.

Adapun kegiatan yang dilakukan mengajak para siswa untuk merancang tempat sampah yang telah disediakan.

Tempat sampah sendiri dimanfaatkan dari kaleng bekas cat yang tidak terpakai lagi, yang mana bisa dijadikan sebagai media dalam kegiatan ini. Untuk rancang bangun tempat sampah ini, dimanfaatkan mahasiswa sebagai media dan sarana untuk terjadinya sebuah kegiatan, katanya.

Pada tahap ini, anak atau siswa diberikan kesempatan untuk menghias tempat sampah dengan cat warna melalui kreativitasnya masing-masing.

Selain itu, pemahaman terkait sampah sendiri diutamakan dalam proses kegiatan ini. Agar anak atau siswa mengerti terkait sampah, penggolongannya, serta dampak yang ditimbulkan dari sampah itu sendiri.

Selain melakukan kegiatan tersebut, Tim Mahasiswa PKM juga memberikan ice breaking kepada para siswa agar bersemangat dalam melakukan aktifitas, lalu Mahasiswa PKM memberikan makanan ringan yang sehat dan susu kedelai kepada para siswa yang kemudian menjelaskan materi terkait susu kedelai yang berdampak baik kepada kesehatan jika dikonsumsi.

Setelah dilakukannya kegiatan-kegiatan, mahasiswa PKM membuka sesi tanya jawab kepada para siswa yang kemudian disusul dengan pembagian hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan, ungkapnya.

Selama proses kegiatan, dari awal melakukan survey awal hingga terlaksananya kegiatan pengabdian masyarakat ini, mahasiswa mendapatkan respon yang baik dari kepala sekolah SD Negeri 6 Petaling karena sudah disediakan tempat untuk melaksanakan kegiatan ini.

Lalu didapatkan pula respon baik dari para siswa kelas tiga yang sangat antusias selama proses kegiatan berlangsung. Antusiasme para siswa dapat dilihat dari kegiatan proses rancang bangun tempat sampah dan tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan.

Dalam kegiatan ini, diharapkan para siswa SD Negeri 6 Petaling Kecamatan Mendobarat dapat mendapatkan ilmu dan rasa kepeduliannya terkait sampah, agar para siswa bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih demi kenyaman bersama, tutup cahya. (*)

Tags
IAIN
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved