Breaking News:

Uniknya Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bangka yang Baru

Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka yang sebelumnya terletak di Jalan Jendral Sudirman kini sudah tidak berfungsi lagi.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka yang sebelumnya terletak di Jalan Jendral Sudirman kini sudah tidak berfungsi lagi.

Kini, Perpusda Kabupaten Bangka yang baru telah dipindah ke gedung eks Kantor Bupati Bangka yang lama di Jalan Diponegoro Sungailiat.

Pada lantai 1, gedung tersebut dijadikan sebagai Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka.

Sementara Perpusda terletak pada lantai 2 yang tepat berhadapan dengan gedung Pascasarjana Stisipol Pahlawan 12.

Uniknya, gedung Perpusda tersebut di gadang-gadang menjadi perpustakaan dengan gedung terpanjang se-Bangka Belitung dengan kondisi bangunan yang masih bersih dan rapi.

Kepala Bidang Layanan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Siti Normina mengungkapkan bahwa Perpusda ini baru dibuka sekitar 1 bulan lebih dengan koleksi sekitar 18 ribu buku.

Dilengkapi dengan sejumlah kursi dan meja berada di teras lantai 2, menjadikan Perpusda yang baru ini sebagai tempat yang cocok untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah dengan latar pemandangan yang cukup indah.

Terdapat 2 ruangan koleksi buku umum dan 1 ruangan referensi yang berisi buku-buku ensiklopedia, jurnal, buku-buku tentang kebudayaan dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga ruangan khusus anak yang lengkap dengan buku bergambar, dongeng, cerita rakyat dan lain sebagainya.

Siti menyebutkan, Perpusda ini terbuka untuk umum dan siapa saja boleh berkunjung dari pukul 07.30-16.00 WIB sesuai dengan jam kerja serta libur pada hari Sabtu dan Minggu.

Namun, jika ingin meminjam buku, para pengunjung harus terlebih dahulu membuat kartu anggota perpustakaan dan menunjukan identitas diri di ruang layanan administrasi yang berada di lantai 1.

Dirinya berharap, hadirnya Perpusda yang baru ini dapat meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Kabupaten Bangka, terkhususnya bagi pelajar dan mahasiswa.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved