Breaking News:

Berita Bangka Barat

Kejaksaan Terdaftar di Simas Mushala Al-Arsy Kejari Bangka Barat Bentuk Pelayanan Publik

Mushalla Al-Arsy Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat kini telah terdaftar secara resmi, pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: khamelia
(Ist/Kejari Bangka Barat).
Musholla Al-Arsy Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mushalla Al-Arsy Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat kini telah terdaftar secara resmi, pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hal ini berdasarkan surat keterangan yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat tertanggal 28 Desember 2021, dengan nomor identitas nasional Mushalla 02.2.09.05.01.000032.

Kajari Bangka Barat, Helena Octavianne mengatakan dengan adanya data masjid dan mushalla sangat penting dalam proses pemberdayaan, baik fisik maupun sumber daya manusia pengelolanya. 

"Untuk memudahkan akses publik, pendataan tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi SIMAS," tutur Helena Octavianne, Jum'at (31/12/2021). 

Diketahui seluruh data masjid dan mushalla yang tersaji di SIMAS, sudah memiliki nomor ID Nasional Masjid. Data itu mencakup nomor identifikasi masjid/mushalla, tipologi, lokasi, dan juga nomor urut pendataan. Data tersebut bisa diakses melalui http://simas.kemenag.go.id.

"Aplikasi SIMAS dibangun sejak tahun 2013 dan didesain sebagai bentuk pelayanan publik, dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan dan pemberdayaan potensi masjid dan mushalla yang ada di Indonesia," ucapnya. 

Helena mengatakan tujuan dari aplikasi ini adalah memperluas layanan informasi dan data kemasjidan, identifikasi dan pemetaan potensi maupun problematika masjid untuk optimalisasi pemberdayaan masjid, dan terwujudnya modernisasi layanan data bidang kemasjidan.

"Ada banyak manfaat yang akan diperoleh, bila masjid dan mushalla terdaftar di SIMAS. Salah satunya dengan memiliki ID Nasional Masjid, tentu akan secara otomatis terintegrasi dengan sistem layanan pemerintah," ucapnya. 

Sementara itu dengan telah terdaftarnya Mushalla Al-Arsy Kejari Bangka Barat, juga akan memiliki media sosial digital yang dapat diakses masyarakat. 

"Stelah terdaftar dalam SIMAS, Mushalla Al-Arsy Kejari Bangka Barat nantinya juga dapat ikut serta dalam program dan layanan kemasjidan secara nasional. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi secara bertahap dan juga, akan diberikan Kartu ID Nasional Masjid atau Mushalla," bebernya.

(Bangkapos.com/Rilis/Rizky Irianda Pahlevy). 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved