Breaking News:

Satlantas Polres Basel Tilang 37 Kendaraan yang Melintas di Jalan Jenderal Sudirman Toboali

Puluhan pengendara kendaraan bermotor dan mobil terjaring razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan, saat melintas di Jalan Jenderal

Penulis: Yuranda | Editor: M Ismunadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Puluhan pengendara kendaraan bermotor dan mobil terjaring razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan, saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Toboali, Bangka Selatan, Selasa (4/1/2022) sore.

Sebanyak 37 pengendara tersebut kedapatan tidak melengkapi surat kendaraan lalu lintas dan atribut saat berkendara.

Saat, razia digelar para pengendara tidak menggunakan helm dan berboncengan melebihi kapasitas ketentuan kendaraan.

Salah satu pengendara yang enggan menyebutkan namanya itu, sempat menangis saat terjaring oleh petugas karena tidak menggunakan helm dan belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) lantaran di bawah umur.

Seorang pengendara menangis saat terjaring razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan, di Jalan Jenderal Sudirman, Toboali Bangka Selatan, Selasa (4/1/2022).
Seorang pengendara menangis saat terjaring razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan, di Jalan Jenderal Sudirman, Toboali Bangka Selatan, Selasa (4/1/2022). (Bangkapos.com/Dokumentasi)

Baca juga: Adu Cantik Nabila Maharani dan Mantan Pacar Tri Suaka, Malah Dianita Sari yang Kini Disorot

Baca juga: Cara Dapatkan Pinjaman Tanpa Jaminan di Bank BRI Tahun 2022, Cukup dari Rumah Gunakan HP

Remaja putri ini sempat menolak saat Polantas melintangnya, lantaran dirinya kedapatan tidak menggunakan helm saat melintas di Jalan tersebut.

Setelah berbincang dan dinasehati oleh petugas karena bahaya ketika tidak menggunakan helm sehingga remaja tersebut langsung mengikuti dan mau ditilang.

Selain itu, pengendara yang lainnya melanggar aturan lalulintas dan mobil membawa penumpang tidak sesuai dengan ketentuannya.

Kasatlantas Polres Bangka Selatan AKP Andi Eko Wardana mengatakan, kegiatan ini digelar guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Dengan target pengendara yang tidak menggunakan helm saat berkendara.

"Jadi setidaknya kami pelan-pelan memberikan imbauan kepada masyarakat Toboali, karena selama ini disiplin berkendara kurang jadi memberikan contoh wajib memakai helm saat berkendara," kata AKP Andi Eko Wardana, di lokasi razia, Selasa (4/1/2022).

Seorang pengendara menangis saat terjaring razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan, di Jalan Jenderal Sudirman, Toboali Bangka Selatan, Selasa (4/1/2022).
Seorang pengendara menangis saat terjaring razia Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan, di Jalan Jenderal Sudirman, Toboali Bangka Selatan, Selasa (4/1/2022). (Bangkapos.com/dokumentasi)

Kata Andi, kedepannya pihaknya akan menilang pengendara yang tidak memiliki SIM dan tidak membayar pajak kendaraannya.

"Untuk saat ini yang kami fokuskan helm, knalpot racing, dan mobil bak mengangkut penumpang karena itu fatal ketika terjadi lakalantas. Bagi pengendara di bawah umur kami panggil orang tua dan kendaraannya, tetap kami tilang," ucapnya.

Sebelumnya, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada pengendara untuk melengkapi kelengkap saat berkendara di Jalan Raya, Toboali, Bangka Selatan.

Pihaknya tidak segan-segan untuk menindaklanjuti pengendara dengan menilangnya, lantaran tidak melengkapi surat dan masih di bawah umur menggunakan kendaraannya.

"Tidak lengkap apalagi tidak pakai Helm dan di bawah umur, akan kami tilang, hari ini sebanyak 35 motor dan 2 mobil yang kami tilang, lantaran tidak menggunakan helm dan mobil bak mengangkut penumpang," ucapnya.

Sementara itu, 37 pengendara yang terjaring razia tersebut ditilang di tempat dan para pelanggar pun harus membayarkan ke negara melalui ETilang. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved