Breaking News:

Antisipasi Banjir di Ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pemkot Pangkalpinang Disiagakan Pompa Mobile

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pangkalpinang menerjunkan satu unit mesin pompa mobile di satu titik cekungan langganan banjir

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: M Ismunadi

BANGKAPOS.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pangkalpinang menerjunkan satu unit mesin pompa mobile di satu titik cekungan langganan banjir di Kota Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022).

Mesin pompa tersebut di tempat di Jalan KH Cholid Samid atau belakang Puncak Pangkalpinang.

Kepala Dinas PUPR Kota Pangkalpinang, Mie Go mengatakan, hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi dan menangani permasalahan banjir di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mie Go berujar, uji coba mesin pompa air ini merupakan bentuk tindak lanjut dari pemerintah Kota Pangkalpinang untuk mengatasi permasalahan banjir seperti yang dikatakan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil beberapa waktu lalu.

Sehingga apabila terjadi genangan air di sejumlah titik yang ada di Kota Pangkalpinang, pemerintah dapat dengan sigap mengatasi hal tersebut.

Satu unit mesin pompa air mobile milik Pemerintah Kota Pangkalpinang saat beroperasi menyedot genangan air di Jalan KH Cholid Samid, Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022).
Satu unit mesin pompa air mobile milik Pemerintah Kota Pangkalpinang saat beroperasi menyedot genangan air di Jalan KH Cholid Samid, Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022). (Bangkapos.com/dokumentasi)

Baca juga: Adu Cantik Nabila Maharani dan Mantan Pacar Tri Suaka, Malah Dianita Sari yang Kini Disorot

Baca juga: Beredar Video Buaya Makan Tumpukan Sampah di Rawa Desa Puput, Warga Akui Kemunculan Predator

Baca juga: Resmi Naik di 2022, Inilah Harga Rokok Gudang Garam, Sampoerna Mild, Djarum Super, Surya, Marlboro

Di samping itu lanjut dia, simulasi ini memiliki tujuan untuk mengoreksi dan mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan yang harus segera perbaiki ke depannya dalam mengatasi permasalahan banjir.

Untuk kapasitas mesin pompa ini sendiri cukup mumpuni, yang mana mampu menyedot sebanyak 100 liter air per detik dan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-red) Kota Pangkalpinang.

Oleh karenanya, Mie Go memastikan pemerintah daerah benar-benar peduli dengan penanganan banjir di Kota Pangkalpinang.

Hal itu dibuktikan dengan selain pompa air, beberapa pompa mini juga telah disiapkan di setiap kecamatan yang ada.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan kembali menambah pompa mobile hingga membangun rumah pompa air ditambah pembangunan pintu air di beberapa titik sungai yang ada di Pangkalpinang.

Itu semata-mata dilakukan untuk mengurangi potensi banjir akibat pasang air laut yang kerap merendam sejumlah wilayah. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved