Breaking News:

Gedung Eks Perpusda Lama Terbengkalai, Direncanakan akan Dibangun Pusat Hiburan

Gedung Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Sungailiat tampak sepi dan terbengkalai.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gedung Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Bangka yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Sungailiat tampak sepi dan terbengkalai.

Sejak dipindahnya lokasi Perpusda ke gedung Kantor Bupati Bangka yang lama, kini eks gedung perpustakaan dengan cat warna hijau dan kuning itu tampak kosong.

Tepat bersebelahan dengan deretan ruko dan Bioskop LTD9 Cinema Sungailiat, gedung eks perpusda lama tersebut tampak tak ada aktivitas apapun. Padahal, lokasi gedung tersebut sangat strategis karena berada di jalan protokol.

Di bagian dalam gedung dengan 2 lantai tersebut terlihat sudah berantakan dengan kursi dan meja yang sudah tidak ada.

Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Bangka, Isnanto mengatakan bahwa gedung eks Perpusda tersebut memang merupakan aset milik Pemkab Bangka.

Namun, pengelolaannya telah diserahkan kepada pihak ketiga melalui MoU dan Build Operate Transfer (BOT) sebagai bentuk perjanjian kebijakan yang diadakan oleh pemerintah dengan pihak swasta pada tahun 2014 silam.

Diakuinya, perjanjian pengelolaan tersebut berlangsung selama 30 tahun dan memang direncanakan akan dibangun pusat hiburan atau Taman Hiburan Rakyat (THR) dengan luas lahan 3,2 hektar termasuk gedung-gedung di atasnya.

Menurut Isnanto, pihak ketiga yang mengelola kawasan THR berencana akan membangun kawasan hiburan seperti Pujasera, taman dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Arman Agus mengatakan bahwa pengembangan di kawasan THR tersebut akan dibangun per blok.

Oleh karena itu, terkait pengelolaan, perawatan dan pembangunannya adalah kebijakan dan kewenangan dari pihak ketiga yang telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Bangka.

Meski demikian, pihaknya terus melakukan pengawasan terkait progres pembangunan di kawasan tersebut dan sejauh ini progresnya sudah cukup bagus. Terbukti dengan adanya bioskop pertama di Kabupaten Bangka, walaupun aset-aset yang lain masih belum ada tanda-tanda pembangunan.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved