Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Damkar Kota Pangkalpinang Dikunjungi Anak-anak TK, Berikan Edukasi dan Bahaya Kebakaran

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bidang Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang mendapati kunjungan siswa TK Asyffa

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Ist/Efran
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bidang Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang saat memberikn edukasi kepada TK Asyffa Desa Terak Bangka Tengah, Rabu (12/1/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bidang Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang mendapati kunjungan siswa TK Asyffa Desa Terak Bangka Tengah, Rabu (12/1/2022).

Kunjungan tersebut guna untuk mengeduksi para anak-anak untuk memahami bahaya kebakaran.

Kabid Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, Sakron Harahap menyebut sebetulnya kegiatan kunjungan untuk edukasi ini sering dilaksnakan. Namun kemarin sempat berhenti lantaran covid-19.

Menurut Sakron, kunjungan tersebur pihaknya bidang pemadam kebakaran memberikan pembelajaran dini tentang pemahaman dan bahaya kebakaran.

"Jadi tadi ada 30 orang anak dan didampingi 5 orang guru, memang kami batasi untuk 30 dulu jangan terlalu ramai. Sifatnya seperti edukasi pengenalan tentang bahaya kebakaran sejak dini, tugas kita apa bagaimana menyelamtkan kebakaran,"  jelas Sakron kepada Bangkapos.com, Rabu (12/1/2022).

Baca juga: Kasus Perambahan Hutan Lindung Kuruk, Penyidik akan Limpahkan Berkas Leni ke Kejaksaan

Baca juga: Psikis Korban Terganggu,Anggota DPRD Bangka Selatan Minta Pelaku Pencabulan Dihukum Seberat-beratnya

Setelah selesai sosialisasi pihaknya mengajak anak-anak TK itu untuk berkeliling seputaran perkantoran Pemkot Pangkalpinang menggunakan mobil damkar.

"Setelah itu mandi bersama sembari mengajari menyemprot dengan damkar. Acara hari ini meriah mereka senang dan mereka ingin datang lagi katanya. Kami juga ikut senang karena tugas kami bukan hanya memadamkan api saja tapi seperti ini juga saling memberi pengetahuan," kata Saktron.

Menurutnya, dalam waktu dekat mereka juga akan memberikan edukasi kepada anak usia dini TK yang lain dan Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang.

"Tugas kami memberikan penyuluhan bahaya kebakaran baik anak usia dini, mahasiswa atau masyarakat. Kepada masyarakat biasanya kita berikan pelatihan bagaimana menggunakan apar, bagaimana antisipasi kebakaran. Dalam waktu dekat juga akan kita lakukan pelatihan di Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang," jelasnya.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bidang Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang saat memberikn edukasi kepada TK Asyffa Desa Terak Bangka Tengah, Rabu (12/1/2022)/ist Efran
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bidang Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang saat memberikn edukasi kepada TK Asyffa Desa Terak Bangka Tengah, Rabu (12/1/2022)/ist Efran (Ist/Efran)

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Efran mengatakan kunjungan ini merupakan edukasi dan memberikan pemahaman kepada anak-anak usia dini sehingga terbentuk dimindset mereka sebagai pembelajaran untuk selalu waspada dengan kebakaran.

"Sehingga dengan diberikan edukasi ini bisa menjadi bekal mereka (anak-anak TK-red) sebagai pembekalan agar selalu waspada dan antisipasi kebakaran. Mereka senang tadi pas naik sama-sama mobil damkar itu yang mereka ingnkan sebetulnya," kata Efran.

Baca juga: Pinjam dari Dana PEN, Proyek PPI Sungai Baturusa Bernilai Rp 32,9 Miliar Molor, Ini Penyebabnya

Baca juga: Proyek Pembangunan Sarana dan Prasarana PPI Sungai Baturusa Bernilai Rp 32,9 Miliar Molor

Menurutnya, peran dan fungsi damkar bukan hanya saat kebakaran terjadi saja tapi juga memeberikan pemhaman dan edukasi.

Efran menambahkan, pihaknya juga membuka edukasi ini untuk seluruh masyarakat afaupun instansi yang ingin tau.

"Kalau mau silahkan ajukan surat resminya kepada kami, atur jadwalnya kapan kami akan siap memberikan sosialisasi bahaya kebakaran ini," sebutnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved