Breaking News:

Hukum Kawin Lari dan Nikah Siri, Kalau Sudah Terlanjur Segeralah Lakukan Hal Ini

pernikahan yang dilaksanakan dengan menyakiti orang tua tidak akan membawa kebahagiaan di dunia dan di akhirat....

YouTube Al-Bahjah TV
Penceramah Buya Yahya 

BANGKAPOS.COM -- Berikut ini penjelasan terkait hukum kawin lari dan nikah siri dari penceramah sekaligus ustadz Buya Yahya.

Dalam sebuah kajian dakwahnya, salah seorang jamaah ada yang bertanya kepada Buya Yahya tentang hukum kawin lari dan nikah siri.

Pertama, jamaah tersebut menceritakan kisahnya yang memilih kawin lari dan menikah siri kepada Buaya Yahya lalu bertanya soal hukum nikah siri.

"Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya Yahya, saya mencintai seorang pria yang telah lama saya berhubungan dengannya, akan tetapi kedua orang tua saya tidak merestui hubungan kami, kemudian kami berdua kawin lari dan menikah secara siri, apakah pernikahan kami sah Buya?," demikian tanya jamaah kepada Buya Yahya.

Lalu, apakah hukum nikah siri dan kawin lari?

Baca juga: Bacaan Doa Perlindungan Terbaik yang Diajarkan Nabi Muhammad, Surat Pendek Ini Mudah Dihafal

Baca juga: Doa Mustajab di Sore Hari yang Dibaca Nabi Muhammad SAW, Agar Dijauhkan dari Kejahatan Malam Hari

Menanggapi hal tersebut, tegas Buya Yahya, yang ada dalam Islam adalah membangun cinta di atas pernikahan yang penuh berkah dan bukan membangun pernikahan diatas cinta.

Seseorang yang membangun pernikahan di atas cinta akan terjerumus dalam petualangan cinta yang haram atau pacaran dan pacaran adalah mendekati zina yang dilarang di dalam Al-Qur’an.

Lanjut Buya Yahya, pacaran adalah cara membangun jalinan orang di luar Islam.

Bahkan lebih dari itu, pacaran dapat menghilangkan kepatuhan kepada orang tua dan hal tersebut banyak disebabkan karena mencintai sebelum waktunya.

"Contohnya adalah yang Anda lakukan karena anda terlanjur mencintai laki-laki pilihan anda hingga menjadikan anda nekat untuk kawin lari. Kalau anda tidak cinta terlebih dahulu tentu anda tidak akan melakukan yang demikian itu," kata Buya Yahya dikutip Serambinews.com dari laman resmi Buya Yahya, Rabu (12/1/2022).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved