Breaking News:

Video

Penyuntikan Booster Vaksin Sudah Bisa untuk Lansia dan Pralansia di Pangkalpinang Secara Gratis

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang hari ini memulai penyuntikan booster vaksin untuk lansia dan pralansia, Rabu (12/1/2022) di Puskesmas Girimaya Kota

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang hari ini memulai penyuntikan booster vaksin untuk lansia dan pralansia, Rabu (12/1/2022) di Puskesmas Girimaya Kota Pangkalpinang.

Booster vaksin ini sudah bisa didaptkan mulai hari ini disetiap Puskesmas atau layanan kesehatan di Pangkalpinang secara gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim menyebut, arahan sementara dari Kementrian Kesehatan RI memang baru pada lansia dan pralansia saja, juga orang yang rentan tekonfirmasi positif covid-19.
Namun kata Hakim, minggu depan penyuntikan booster diperkirakan juga sudah bisa untuk masyarakat umum di Pangkalpinang.

"Kita baru dapat informasi boleh melaksanakan itu semalam, dan hari ini mungkin yang melaksanakan belum banyak. Nah mulai besok sudah bisa dilaksanakan disemua Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya," sebut Hakim kepada Bangkapos.com usai meninjau kick off booster vaksin, Rabu(12/1/2022).

Menurutnya, untuk saat ini penyuntikan booster vaksin menggunkan jenis vaksin AstraZeneca. Yang diberikan setengah dosis dari vaksin 1 dan 2.

"Kalau ada yang lain nanti akan kita berikan juga, karena stok kita yang masih banyak itu AstraZenaca dengan pemberian setengah dosis dari yang pertama. Jadi misalanya yang pertama 0,5 maka untuk booster ini disuntikan 0,25," jelsnya.

Hakim menegaskan, pemberian booster vaksin di Pangkalpinang gratis tanpa dipungut biaya apapun.

"Vaksin ini gratis tidak bayar mulai hesok sudah bisa didalatkan lansia dan pralansia di Pangkalpinang. Dengan syarat sudah enam bulan pasca penyuntikan vaksin dosis kedua kemarin," bebernya.
Kata Hakim, penyuntikan booster ini diberikan dengan harapan masyarakat dapat aman dan terjaga dari varian baru omicron.

"Yang kita khawatirkan memang dengan varian baru ini yaitu omicron, jadi harapan kita dengan booster ini bisa terjaga dan terlindungi," sebutnya.

Hakim menambahkan, target penyuntikan booster di Pangkalpinang 70 persen dari target sasaran vaksinasi yakni 169.283 orang.

Sinanusi (71) warga Kelurahan Batu Intan tampak memegang lengan kirinya usai penyuntikan.
Sinanusi menjadi orang pertama penyuntikan booster vaksin di Pangkalpinang. Ia dibawa anaknya untuk mendapatkan penyuntikan dosisi ketiga itu di Puskesmas Girimaya.

"Anak saya yang bawa katanya ada vaksin ketiga untuk lansia langsung kita ke sini. Ya ini untuk sama-sama menjaga supaya aman dari covid-19," ujar Sinanusi kepada Bangkapos.com.

Diakuinya, untuk menjaga dirinya serta keluarga terhindar dari covid-19 booster vaksin memang penting ia dapatkan, tanpa mendapat paksaan dari orang lain.

"Belum ada terpapar selama ini, jadi pas tau ada untuk lansia hari ini kita langsung datang kebetulan nanti akan ada chek up di Jakarta biar semakin aman," ungkap Sinanusi.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved