Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pindah Domisili Tak Lagi Pakai Surat Pengantar RT/RW, Begini Penjelasan Kades Beruas

Kepala Desa (Kades) Beruas, Paryandi menyatakan kini warga yang pindah domisili tak lagi perlu mengurus surat pengantar dari RT/RW setempat.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Ilustrasi KTP Elektronik 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Desa (Kades) Beruas, Paryandi menyatakan kini warga yang pindah domisili tak lagi perlu mengurus surat pengantar dari RT/RW setempat.

"Kalau kami memang tidak lagi pakai surat pengantar RT/RW, jadi yang bersangkutan langsung ke desa yang bikin tanpa pengantar RT/RW," ujar Paryandi, Rabu (12/01/2022).

Kebijakan tersebut pun mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019.

Hanya dengan bermodalkan Kartu Keluarga (KK) saja, kini warga hanya perlu mendatangi kantor Desa guna kian memudahkan proses domisili kependudukan.

"Persyaratan KTP sama KK kalau mereka keluarga, kita lihat domisili dimana lalu kita cek bener atau enggak. Nanti dari kami akan kami kirim, di Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bangka Barat untuk kependudukan domisilinya," katanya.

Paryandi mengatakan walaupun tak lagi menggunakan surat pengantar RT/RW, untuk pengawasan terkait warga tetap mengandalkan peran RT/RW.

"Ini gratis, untuk kependudukan semuanya gratis. Pengawasan kita ke wilayah ke Kadus, RT/RW dan Limas kalau masalah pengawasannya," ucapnya.

"Semua administrasi penduduk kalau desa ya ke desa, jadi RT hanya untuk kontrol kita koordinasi di wilayah RT masing-masing kalau ada musyawarah jadi gak ada administrasi di RT," bebernya.

Sementara itu sebelumnya Kadis Dukcapil Bangka Barat, Muhammad Kaidi juga membenarkan kini Kabupaten Bangka Barat tak lagi mengunakan surat pengantar RT/RW untuk pindah domisili.

"Jadi kalau ada keluarga yang pindah, cukup suami yang dibutuhkan KK (Kartu Keluarga) dan KTP saja," ujar Muhammad Kaidi.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved