Breaking News:

Berita Bangka Barat

Anggarkan Rp2,7 Miliar, Pasar Muntok Siap Direnovasi Pertengahan Tahun

Menjadi pusat perbelanjaan kebutuhan dapur, kini Pasar Tradisional Muntok Bangka Barat (Babar) rencananya akan dilakukan sejumlah renovasi untuk kenya

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Bupati Bangka Barat, Sukirman.(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Menjadi pusat perbelanjaan kebutuhan dapur, kini Pasar Tradisional Muntok Bangka Barat (Babar) rencananya akan dilakukan sejumlah renovasi untuk kenyamanan para pedagang dan pembeli. Hal ini diutarakan Bupati Bangka Barat, Sukirman terkait rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat yang diperkirakan akan mulai dibangun pada pertengahan Tahun 2022.

"Insya Allah tahun ini ada renovasi pasar kita bangun Pasar Muntok, yang sudah ada kita perbaiki," ujar Sukirman, Kamis (13/01/2022). 

Diketahui Pemkab Bangka Barat mendapatkan suntikan dana dari Pemerintah Pusat sekitar Rp2,7 Miliar, yang akan digunakan sebagai anggaran renovasi Pasar Muntok

Namun untuk renovasi tersebut diketahui saat ini hanya akan dilakukan untuk satu blok saja, yang berisi para pedagang sayur-mayur. 

"Sekitar Rp2,7 Miliar pengennya semua, tapi anggaran belum memungkinkan. Ini dana dari pusat, untuk pembangunan sekarang belum karena kelihatannya di pertengahan tahun ini," ucapnya. 

Dengan adanya renovasi Pasar Muntok, Sukirman berharap para pedagang dan pembeli sama-sama merasakan kenyamanan pasar yang kian terus berbenah ke arah yang lebih baik. 

"Ingin ada rasa nyaman, dan ini kepedulian pemerintah kepada para pedagang termasuk kepada masyarakat. Kalau pasarnya sudah nyaman interaksi-interaksi pedagang dan pembeli nyaman, ini kan bisa ada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) juga," katanya. 

Sebelumnya Pasar Muntok juga telah mengalami sejumlah pembenahan, baik dari infrastruktur bangunan hingga ke fasilitas layanan publik. 

Satu diantaranya yakni terkait kebijakan portal parkir satu kali bayar yang sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2021 lalu, dimana sebelum ada kebijakan tersebut masyarakat diharuskan selalu membayar parkir disetiap kendaraannya pindah walaupun masih di dalam Kawasan Pasar Muntok

Namun dari kebijakan penerapan portal parkir, Pemkab Bangka Barat pun berhasil menambah  PAD hingga sekitar Rp1 Miliar hanya dari Pasar Muntok saja. 

Hal ini meningkat berkali-kali lipat, dibandingkan sebelum adanya penerapan portal parkir yang hanya bisa menyumbangkan PAD sekitar Rp250 juta saja. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 


Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved