Breaking News:

Berita Bangka Barat

Harga Ikan Laut Masih Melambung Tinggi, Prediksi Harga Normal Bulan Februari

Sejumlah ikan laut di Pasar Tradisional Muntok, saat ini masih mengalami lonjakan harga seperti Ikan Kembung yang kini dijual Rp75 ribu per Kg.  Padah

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Pasar Tradisional Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Sejumlah ikan laut di Pasar Tradisional Muntok, saat ini masih mengalami lonjakan harga seperti Ikan Kembung yang kini dijual Rp75 ribu per Kg.  Padahal saat kondisi normal, harganya hanya bekisar Rp50 ribuan.

Ramdan, pedagang ikan di Muntok menyatakan, sejumlah ikan laut jenis lainnya juga sama-sama masih mengalami kenaikan harga yang bervariasi. 

"Ikan masih mahal kalau ikan kembung Rp75 ribu, Ikan Kurai Rp75 ribu,  Ikan Jebung Rp60 ribu, Ikan Singkur Rp50 ribu, Ikan Ciw sekitar Rp40  ribuan. Jadi musim ini mahal," ujar Ramdan, Kamis (13/1/2022). 

Ramdan mengatakan kondisi lonjakan atau mahalnya harga ikan, diketahui juga sudah mulai terjadi sejak jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu. 

Selain itu faktor cuaca buruk di sekitar Perairan Muntok, juga menjadi faktor tingginya harga ikan laut dikarenakan pasokan ikan dari nelayan ke para pedagang yang berkurang. 

"Naiknya sudah sebulan lebih, ini lah dari bulan Desember tadi. Penyebab ya cuaca kebanyakan, jadi dapat barangnya sedikit. Sekarang contoh Ikan Kembung paling ada 100-an, tapi sebelumnya atau kondisi normal bisa sampai 300-400 jumlah ikan itu," jelasnya. 

Sementara itu, kemungkinan harga ikan laut diperkirakan bakal normal pada Bulan Februari 2022 nanti. "Mahalnya ikan laut ini, diperkirakan sampai Bulan Februari lah biasanya. Omset lumayan turun karena barangnya sedikit, barang nya dikit makanya harganya mahal," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved