Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Jika Pemasaran Lancar, Dinas Perikanan Bangka Tengah Bakal Kembangkan Rumput Laut

Potensi pengembangan rumput laut di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dinilai sangat baik. Hal ini diutarakan langsung oleh Kepala Dinas Perikan

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Taufik (Dok) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Potensi pengembangan rumput laut di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dinilai sangat baik. Hal ini diutarakan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Taufik.

Dikatakan Tauifik, ada dua titik lokasi yang saat ini dilakukan pengembangan rumput laut di Bangka Tengah, yakni di Kawasan Laut Desa Beriga dan di Perairan Tanjung Tedung Pulau Nangka.

"Untuk rumput laut ini sangat bagus dan berpotensi sekali dikembangkan, dimana di peraian Beriga dan Tanjung Tedung ini kurang lebih ada 2 sampai 2,5 hektar, namun untuk wewenang budidaya di peraian laut ini berdasarkan UUD 23 diserahkan kepada pihak Provinsi, namun kita trtap menghandel atau melakukan pembimbingan," kata Taufik kepada Bangkapos.com, Kamis (13/1/2022).

Dalam pengembangan rumput laut ini kata Taufik, pihaknya turut melibatkan penyuluh yang ada untuk melakukan bimbingan budiaya rumput laut.

"Faktor gelombang ini menjadi penentu pertumbuban rumput laut, dimana rumput laut ini tumbuh dengan baik di perairan terlindungi, seperti di Kawsan Pulau Beriga dan Pulau Nangka ini kondisinya tenang sehingga tumbuh baik," katanya.

Jika pangsa pasar rumput laut ini berjalan dengan baik dan lancar, maka tidak memungkinkan untuk pihaknya melakukan pengembangan budidaya rumput laut di wilayahnya.

Bahkan ia pun menilai dari segi kondisi perairan sendiri, budidaya rumput laut ini bisa dikembangkan di perairan Bangka Tengah.

"Budiaya rumput laut ini sangat berpotensi baik sekali untuk mata pencaharian warga, dimana memang wilayah kita juga baik untuk budidaya selain di beriga dan pulau nangka, di Perlangbdan peraian sekitarnya juga baik. Namun kendalanya saat ini pangsa pasar, jika memang ada MoU dengan perusahaan untuk pembelian rumput laut ini, maka kita Dinas Perikanan juga akan melakukan budidaya ini karena memang memiliki nilai ekononi yang bagus," ujarnya.

Pada akhirnya ia berharap agar ke depan ada kerja sama dengan pihak perusahaan terkait untuk ekspor ataupun pembelian hasil rumput laut ini.

"Klau petani rumput laut di kita sebenarnya banyak, dan rumput laut ini memiliki banyak manfaat hanya saja karena terkendala pembeli. Jadi kita berharap ada kerja sama perusahaan yang membeli hasil panen nanti," katanya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

 

 
 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved