Breaking News:

Berita Bangka Barat

Launching Kartu BSB Cash, Pasar Muntok Kini Lebih Modern

Mudahkan para pedagang di Pasar Muntok melakukan pembayaran sewa ruko, kini Program Pembayaran non Tunai Pemungutan Retribusi Pasar diluncurkan menggu

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Launching program kartu BSB Cash di halaman parkir Pasar Muntok, Kamis (13/01/2022). (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Mudahkan para pedagang di Pasar Muntok melakukan pembayaran sewa ruko, kini Program Pembayaran non Tunai Pemungutan Retribusi Pasar diluncurkan menggunakan Kartu Bank Sumsel Babel (BSB) Cash. 

Bupati Bangka Barat, Sukirman mengungkapkan program yang akan mulai diberlakukan Februari 2022, merupakan program pemerintah pusat yang diakomodir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat. 

"Dengan hadirnya BSB Cash dalam pembayaran retribusi pasar ini, saya berharap akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah bagi Kabupaten Bangka Barat. Untuk para pedagang diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas BSB Cash Bank Sumsel Babel, karena akan lebih memudahkan dalam pembayaran retribusi pasar," ujar Sukirman, Kamis (13/01/2022). 

Diketahui untuk saldo awal BSB Cash para pedagang akan mendapatkan modal Rp 25 ribu  yang bersumber dari APBD Bangka Barat, sedangkan dari Bank Sumsel Babel memberikan top up pertama Rp 10 ribu. 

Dengan adanya kartu BSB Cash para pedagang kini tak perlu lagi susah payah membayar langsung ke bank, namun kini hanya bermodalkan kartu nantinya pedagang hanya cukup menempelkan kartu BSB cash ke mesin pembayaran dimana petugas akan keliling di Pasar Muntok. 

"Ke depan kita menginginkan ini terpadu dan tidak bocor, dari para pedagang tadi sudah menyambut baik dan siap mendukung program ini," ucapnya. 

Lebih lanjut Kepala Cabang Bank Sumsel Babel cabang Muntok, M. Said Nasrullah mengatakan pihaknya akan menyediakan Mobil Keliling yang akan ditempatkan di Pasar Muntok. 

"Nanti ada mobil setiap Senin dan Kamis, jadi pedagang bisa top up saldonya disana. Jadi dengan itu para pedagang pembayarannya pasti, karena akan secara otomatis masuk sebagai retribusi untuk Pasar Muntok," kata Said. 

Tak hanya kemudahan untuk para pedagang, Said juga membeberkan keuntungan yang diterima oleh Pemkab Bangka Barat. 

"Bagi Pemda sendiri akan mempermudah pemeriksaan oleh BPK, karena pihak Bank Sumsel akan ikut membantu. Karena dia per hari laporannya itu akan dikirimkan kepada teman - teman dari Bank Sumsel, jadi nanti kalau ada pemeriksaan tinggal kasih laporan kita siapkan semua," jelasnya. 

Sementara itu pedagang Ikan Asin, Yulia berharap dengan adanya kartu BSB Cash akan mempermudah dalam pembayaran sewa lapak di Pasar Muntok. 

"Lebih terbantu, senang lah alhamdulilah nggak susah. Sebelumnya prosesnya agak ribet, kadang nggak tahu tanggalnya kan kita nggak tahu. Kalau kita bayar ini pertahun ada, per bulan juga ada. Kalau yang per tahun itu sekitar Rp 70 ribuan sama materai, kalau perbulan sekarang sekitar Rp 20 ribuan," kata Yulia. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved