Breaking News:

Berita Bangka Barat

Siapkan Dana Rp2,7 Miliar, Renovasi Pasar Muntok Diperkirakan Maret Nanti    

Plt Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bangk a Barat, Rosdjumiati menyatakan, renovasi Pasar Tradisional Muntok diperkirakan akan  dimulai dikerjak

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Pasar Tradisional Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (Bangkapos.com/Dok) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Plt Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Bangka Barat, Rosdjumiati menyatakan, renovasi Pasar Tradisional Muntok diperkirakan akan  dimulai dikerjakan pada Maret 2022.

"Di Bulan Januari ini sudah kalau tidak salah di pusat itu, sudah di tender karena ini dana pusat dari sana kita hanya pelaksana disini. Mudah-mudahan di Maret mungkin, tapi kita belum pasti mudah-mudahan di maret sudah dilaksanakan," ujar Rosdjumiati, Kamis (13/01/2022).

Diketahui Pemkab Bangka Barat mendapatkan suntikan dana dari Pemerintah Pusat sekitar Rp 2,7 Miliar, yang akan digunakan sebagai anggaran renovasi Pasar Muntok.

Namun untuk renovasi tersebut diketahui saat ini hanya akan dilakukan untuk satu blok saja, yang berisi para pedagang sayur mayur.

"Membangun pasar yang resprentatif lah yakni pasar resprentatif jadi lengkap. Dana Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp2,7 milliar, bangunan baru yang lama ini dihapuskan kita usul penghapusan kita bangun baru," ucapnya.

Saat pembangunan nantinya berjalan terkait relokasi pedagang pihaknya mengaku masih akan berkoordinasi lebih lanjut dengan beberapa pihak, terkait hal tersebut guna memberikan kenyamanan antara pedagang dan pembeli saat renovasi berlangsung.

"Iya ada relokasi pedagang nantinya, kami akan diskusi di tim dulu dimana akan parkirnya akan diatur relokasinya itu akan kita diskusikan nanti dengan tim," katanya.

Sementara itu sebelumnya Bupati Bangka Barat, Sukirman juga mengungkapkan hal senada terkait renovasi pasar Muntok yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

"InsyaAllah tahun ini ada renovasi pasar kita bangun Pasar Muntok, yang sudah ada kita perbaiki jadi hampir renovasi total lah," beber Sukirman.

Dengan adanya renovasi Pasar Muntok, Sukirman berharap para pedagang dan pembeli sama-sama merasakan kenyamanan pasar yang kian terus berbenah ke arah yang lebih baik.

"Ingin ada rasa nyaman, dan ini kepedulian pemerintah kepada para pedagang termasuk kepada masyarakat. Kalau pasarnya sudah nyaman interaksi-interaksi pedagang dan pembeli nyaman, ini kan bisa ada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga," ungkapnya.

Sebelumnya Pasar Muntok juga telah mengalami sejumlah pembenahan, baik dari infrastruktur bangunan hingga ke fasilitas layanan publik.

Satu diantaranya yakni terkait kebijakan portal parkir satu kali bayar yang sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2021 lalu, setelah sebelum ada kebijakan tersebut masyarakat diharuskan selalu membayar parkir disetiap kendaraannya pindah walaupun masih di dalam kawasan Pasar Muntok.

Namun dari kebijakan penerapan portal parkir, Pemkab Bangka Barat pun berhasil menambah  PAD hingga sekitar Rp 1 Miliar hanya dari Pasar Muntok saja.

Hal ini meningkat berkali-kali lipat, dibandingkan sebelum adanya penerapan portal parkir yang hanya bisa menyumbangkan PAD sekitar Rp250 juta saja. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved