Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tata-tata Cara Dapatkan E-Tiket Booster, Cek Peduli Lindungi di Gadget Anda Apakah Jadi Penerima

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Rabu (13/1) kemarin memulai penyuntikan booster vaksin untuk lansia dan pralansia

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus M Hakim. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Rabu (13/1) kemarin memulai penyuntikan booster vaksin untuk lansia dan pralansia di Puskesmas Girimaya Kota Pangkalpinang.

Booster vaksin ini sudah bisa didaptkan mulai kemarin disetiap Puskesmas atau layanan kesehatan di Pangkalpinang secara gratis.

Rupanya bukan hanya lansia dan pralansia yang bisa mendapatkan penyuntikan booster vaksin itu. Masyarakat umum juga bisa asalkan memiliki e-tiket untuk mendapatkan booster vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus Hakim menyebut dengan e-tiket rekomendasi dari peduli lindungi itu dqpat digunakan untuk penyuntikan booster vaksin di layanan kesehatan.

Adapun tata-tata cara mengecek e-tiket menggunakan aplikasi Peduli Lindungi:

1. Masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi
2. Masuk dengan akun Anda yang sudah terdaftar sebelumnya
3. Klik menu profil
4. Pilih status vaksinasi dan hasil tes Covid-19
5. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun PeduliLindungi milik Anda
6. Bagi Anda yang ingin cek tiket vaksin, silakan masuk ke menu: Riwayat dan Tiket Vaksin

Kata Hakim, Peduli Lindungi akan mengeluarkan rekomendasi e-tiket booster vaksin itu jika memng orng tersebut sudah layak mendapatkan booster.

"Misal vaksinya masih kurang dari enam bulan itu masih belum bisa, otomatis e-tieket tidak dikeluarkan Pedui Lindungi. Kalau sudah ada rekomendasi e-tiket itu meskipun bukan lansia sudah bisa kita lakukan penyuntikan, tinggal tunjukan bukti itu ke petugas," sebut Hakim kepada Bangkapos.com, Kamis (13/1/2022).

Namun kata Hakim, jika masuk ke dalam kelompok prioritas, namun belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster di aplikasi PeduliLindungi bisa juga langsung datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Kalau memang merasa prioritas bisa juga datang ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat, dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2," jelasnya.

Dikatakan Hakim, booster vaksin ini diberikn memang untuk orang-orang yang rentan terpapar covid-19 seperti lansia dan pralansia.

"Makanya yang didahulukan itu lansia dan pra lansia, dan kelompok prioritas seperti yang rentan terserang penyakit itu kita dahulukan. Untuk masyarakat umum juga sudah bisa sebetulnya," terangnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved