Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Upaya Atasi Kesepian Lansia, Mahasiswa IAIN Babel Lakukan Penelitian di Panti Jompo

Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (Babel) melakukan penelitian di Panti Jompo Yayasan Kasih

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
(Foto Ist/Septio)
Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (Babel) melakukan penelitian dengan metode wawancara di Panti Jompo Yayasan Kasih Sayang Lestari Prima Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (Babel) melakukan penelitian di Panti Jompo Yayasan Kasih Sayang Lestari Prima Pangkalpinang.

Penelitian ini dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Prodi Bimbingan dan Konseling Islam yang diampu oleh Dr. Fatma Sylvana Dewi Harahap, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah BK Dewasa dan Lansia.

Mahasiswa beranggotakan empat orang yang terdiri dari Septio, Maria Ulfa, Meyrisa Nur Fadilla, dan Putri Anggraini. 

Penelitian ini mengambil tema Upaya Mengatasi Kesepian Lansia Melalui Bimbingan dan Konseling Islam di Panti Jompo Yayasan Kasih Sayang Lestari Prima Pangkalpinang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi Kesepian Lansia Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. 

Ketua Kelompok dalam penelitian, Septio mengatakan berdasarkan survei dari wawancara, dapat terlihat bahwa para lansia merasa kesepian karena kurang diperhatikan keluarga. 

"Rasa kesepian semakin bertambah ketika fisik mereka menurun, karena lansia tidak dapat melakukan terlalu banyak aktivitas untuk mengurangi atau menghilangkan perasaan kesepian yang mereka alami," ujar Septio dalam rilis yang diterima bangkapos.com, Rabu (13/1/2022).

Berdasarkan permasalahan yang dialami oleh lanjut usia maka beberapa dari mahasiswa tertarik untuk meneliti Kesepian Pada Lanjut Usia di Panti jompo yayasan kasih sayang lestari prima.

Dia mengakui, mahasiswa mendapatkan respon yang baik dari para lansia dan pemilik panti jompo yayasan kasih sayang lestari prima.

"Dapat dilihat ketika lansia begitu antusias menceritakan segala permasalahannya pada Teman-teman mahasiswa dengan terbuka tanpa adanya paksaan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesepian lansia ketika tinggal jauh dari anak-anaknya. Alhamdulillah selama penelitian, para lansia sangat senang atas kedatangan kami," katanya.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved