Breaking News:

Berita Sungailiat

Permudah Pelayanan Publik, RT dan RW Dibekali Pelatihan Aplikasi SIMTechss

PT RIZ Tech Internusa sedang menggelar sosialisasi pengembangan dan penerapan proyek percontohan (pilot project)

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Saat PT RIZ Tech Internusa sedang menggelar sosialisasi pengembangan dan penerapan proyek percontohan (pilot project) Solusi Digital Untuk Desa dan Kelurahan (SIMTech) kepada para RT dan RW di Kelurahan Paritlalang Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang, Minggu (23/1/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT RIZ Tech Internusa sedang menggelar sosialisasi pengembangan dan penerapan proyek percontohan (pilot project) Solusi Digital Untuk Desa dan Kelurahan (SIMTech) kepada para RT dan RW di Kelurahan Paritlalang Kecamatan Rangkui, Pangkalpinang, Minggu (23/1/2022). 

Ada 9 aplikasi dalam SIMTech ini meliputi ATCS, e-bps, e-report, e-commerce, e-warga, e-surat, sig-desa, SIAp desa/kelurahan, dan panic button. 

Namun untuk sementara, sosialisasi ini akan mengembangkan empat program terlebih dulu yakni SIAp desa/kelurahan, e-surat, e-warga dan e-report. 

"Tujuan kita melakukan sosialisasi adalah untuk  mengembangkan dan menerapkan aplikasi ini berupa digitalisasi informasi publik dan pelayanan pubilk. Untuk tahap pertama ini ada 4 aplikasi yg akan diterapkan di kelurahan parit lalang kecamatan rangkui," kata Direktur PT RIZ Tech Internusa, Suhendra atau yang akrab disapa Bobo. 

Dia berharap dengan aplikasi ini maka masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dan pelayanan publik, serta pihak kelurahan agar mudah untuk melaksanakan pengaplikasian adminitrasi di kelurahan. 

"Aplikasi ini tidak hanya di pakai dikelurahan dan desa saja, tetapi bisa di pakai di setiap OPD, bahkan sampai ke tingkat nasional," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Rangkui sekaligus Koordinator Tim inovasi kecamatan rangkui, Achmad Irfan menilai aplikasi ini akan sangat membantu memberikan layanan publik secara digital. 

"Ini kami lihat bagus dan lengkap sekali, memang belum ada aplikasi digital seperti saat ini di Bangka Belitung khususnya di desa maupun kelurahan sehingga kami kembangkan di sini. 

Apabila aplikasi ini sudah dikembangkan, dengan melihat kekurangan dan kelebihannya serta output/hasilnya diterima masyarakat maka akan kami jadikan program inovasi yg akan disampaikan kepada pemerintah kota pangkalpinang berupa proposal inovasi daerah dibidang  digitalisasi pelayanan publik di kelurahan," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan ada 9 RT dan 3 RW dengan jumlah penduduk sekitar 6 ribuan warga serta akan bertahap dilakukan input data. 

"Ini tahap pengembangan, setelah semuanya fix, maka ini merupakan salah satu inovasi kami dengan menggandeng RIZ Tech Internusa. Jadi kita lakukan sosialisasi untuk menyusun database kependudukan, serta warga yang ingin menggunakan aplikasi ini “ kata Bobo.

Lurah Paritlalang, Djumri Sufrin berharap warga dapat menggunakan aplikasi ini yang bersifat pelayanan publik seperti membuat surat keterangan. 

"Pada prinsipnya untuk memudahkan aparat kelurahan dan warga untuk menerima pelayanan. Selain dilakukan sosialisasi, akan dilakukan belajar bertahap, hingga penerapan pada warga," katanya. 

Warga Paritlalang, Sugianto menyambut baik adanya aplikasi ini diterapkan di wilayah domisilinya. 

"Ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat dengan 9 aplikasi unggulan dari Simtechss.” ungkap Bobo.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved