Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Komisi II DPRD Babel Perjuangkan Wisata Sejarah Muntok, Bangkitkan Sektor Pariwisata

Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merangkul Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) duduk satu meja, di Pesanggraha

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
istimewa
Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengunjungi, pesanggrahan Menumbing Muntok Kabupaten Bangka Barat beberapa waktu lalu. (Ist) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merangkul Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) duduk satu meja, di Pesanggrahan Menumbing Muntok Kabupaten Bangka Barat beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini guna untuk membangkitkan pembangunan di sektor pariwisata di Muntok Kabupaten Bangka Barat.  Kedatangan Komisi II DPRD Babel, yang dikomandoi Adet mastur, SH MH, Sekretaris Komisi II Arbiyanto beserta Anggota Komisi II, Heryawandi, Ariyanto, Mansah, Mulyadi, Edi joenedi Foe dan Warkamni serta didampingi Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Engkus Kuswenda

Mereka langsung disambut baik oleh Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali, beserta jajaran Pemkab Bangka Barat. 

Ketua Komisi II DPRD Babel, Adet mastur, SH, MH, mengatakan, kedatangan komisi II
Ke pesanggrahan menumbing Muntok dalam rangka melakukan kunjungan kerja serta berkoordinasi bersama Pemkab bangka barat terkait pembangunan Pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Bulan depan kami akan melakukan rapat RKPD 2022 bersama pihak eksekutif. Didalam pembahasan RKPD 2022 ini, salah satu nya ada masuk Proposal ke kami berkenaan keinginan Pemkab Bangka Barat membangun objek wisata sejarah di Bangka Barat, khususnya di pesanggrahan menumbing ini," ujarnya dalam rilis yang diterima Bangkapos.com, Senin (24/1/2022).

Lebih jauh dijelaskannya, bahwa Pemkab Bangka Barat mengajukan proposal dan meminta dana bantuan (DABA) ke Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sekitar 5 miliar. 

"Sebetulnya kami ingin sekali membantu, karena ini adalah aset kita yang harus kita lestarikan. Dimana tahun 2021 kami telah mengeluarkan Perda tentang Kepariwisataan", kata legislator PDI-P ini. 

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming-Ming, menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan komisi II DPRD ke Bangka Barat. 

"Terima kasih, ini suatu hal yang sangat membanggakan bagi kami Pemkab Bangka Barat telah dikunjungi Komisi II DPRD, rasa rindu yang selama ini terobati ," kata Wabup Bong Ming-Ming. 

Bong Ming-Ming berharap, agar keberadaan pesanggrahan menumbing sebagai cagar budaya nasional dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota tua bersejarah Muntok Bangka Barat. 

"Bagaimana membuat pesanggrahan menumbing ini,  punya nilai sejarah dengan tetap menjaga nilai sejarahnya, tetapi punya nilai estetika lainnya. sehingga orang- orang datang kesini tidak hanya berkunjung 15 menit kemudian dia turun," harapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali, mengatakan, rapat yang dilakukan terkait dengan cagar budaya nasional Pesanggrahan menumbing Muntok Kabupaten Bangka Barat. 

"Ada beberapa hal yang ingin kami konfirmasi kan Terkait cagar budaya Pesanggrahan menumbing. di tahun 2021 kami telah menyelesaikan dua DED, satu DED air sumber dan satu lagi DED revitalisasi kawasan bersejarah pesanggrahan menumbing," katanya. (Bangkapos.com/Rilis/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved