Breaking News:

Sepele Tapi Bisa Menguras Kantong Pemilik Mobil, Transmisi Cepat Rusak Karena Kebiasaan Ini

Huruf R pada tuas transmisi merupakan tanda gigi mundur yang umum digunakan pengemudi mobil saat hendak melakukan parkir.

Penulis: M Ismunadi CC | Editor: M Ismunadi
Kompas.com
Tuas transmisi mobil matik. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Huruf R pada tuas transmisi merupakan tanda gigi mundur yang umum digunakan pengemudi mobil saat hendak melakukan parkir.

Kendati begitu, banyak pengemudi yang masih melakukan kesalahan dalam pengoperasiannya.

Mereka tidak menunggu mobil hingga berhenti terlebih dahulu, sering kali mereka langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi R ketika mobil masih sedikit bergerak maju.

Terlihat sepele, tetapi kebiasaan ini bisa membuat transmisi matik cepat rusak.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, cara tersebut memang bisa merusak transmisi, baik pada mobil transmisi manual maupun matik.

Sebab, secara desain, gigi mundur hanya menggunakan counter gear tanpa synchromesh, seperti yang ada pada gigi maju.

Honda Brio Satya CVT.
Honda Brio Satya CVT. (KOMPAS.COM/STANLY RAVEL)

“Jadi saat oper gigi mundur, baik di mobil matik maupun manual, kendaraan harus dalam keadaan berhenti. Karena untuk perpindahan gigi mundur tidak dilengkapi dengan synchromesh,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/2/2022).

Menurut Didi, jika mobil tidak berhenti terlebih dahulu, biasanya akan berdampak pada sulitnya masuk gigi atau muncul bunyi kasar akibat momen perpindahan gigi yang tidak sesuai.

“Sama halnya dengan mobil manual, transmisi pada mobil matik juga punya pembalik putaran yang bekerja. Kalau diabaikan, risikonya dapat menyebabkan gigi menjadi aus ataupun rusak,” kata dia.

Oleh karena itu, walau terlihat sepele, kebiasaan buruk seperti ini sebaiknya dihindari oleh pemilik kendaraan. Pastikan kendaraan berhenti terlebih dahulu baru melakukan oper gigi mundur agar umur transmisi bisa awet.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved