Breaking News:

Militer dan Kepolisian

Salah Satu Alumninya Adalah Vladimir Putin, Inilah Orang-orang yang 'Haram' Masuk Jadi Anggota KGB

meski perekrutan informan dan agen dilakukan hampir tanpa pandang bulu, KGB memiliki daftar hitam berisi orang-orang yang "haram" untuk direkrut

Penulis: Iwan Satriawan CC | Editor: Iwan Satriawan
IST/AFP/NIKOLSKY
Presiden Rusia Vladimir Putin 

BANGKAPOS.COM-Saat masih bernama Uni Soviet, Rusia memiliki salah satu badan intelijen paling disegani di dunia yaitu KGB)'>Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti ( KGB

Ketika terlibat Perang Dingin melawan Amerika Serikat dan negara sekutu, KGB menerjunkan sejumlah aksi spionase di negara "musuh".

Salah satu alumni badan intelijen legendaris ini adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Bagaimana perekrutan untuk menjadi anggota KGB?

Dilansir dari laman rbth.com, meski perekrutan informan dan agen dilakukan hampir tanpa pandang bulu, KGB memiliki daftar hitam berisi orang-orang yang "haram" untuk direkrut.

Baca juga: Bukan Lawan Tanding Sepadan untuk Rusia, Inilah Kekuatan Militer Ukraina dan 7 Arah Serangan Rusia

Dalam biografi resmi Putin dijelaskan, ketika sang presiden masa depan yang masih muda mendatangi resepsionis kantor KGB dan bertanya tentang kriteria yang dibutuhkan untuk dapat bergabung dengan badan intelijen Soviet itu dia, diberi tahu bahwa ijazah perguruan tinggi atau berdinas di militer adalah salah satu yang dipersyaratkan.

Vladimir Putin sebagai agen KGB di Jerman Timur
Vladimir Putin sebagai agen KGB di Jerman Timur (Espionage History Archieve)

KGB juga aktif merekrut staf dan agen.

Terkadang, perekrutan yang mereka lakukan bahkan bertentangan dengan keinginan mereka.

Meski bekerja di KGB menjanjikan keuntungan tertentu, jajaran komisinya diisi oleh orang-orang dari berbagai latar belakang.

Baca juga: Pensiun Setelah 35 Tahun Jaga Langit NKRI, Inilah Kisah Sang Macan  F-5 Tiger TNI AU

Sebagai lembaga kompleks yang menggabungkan beberapa direktorat sesuai dengan tanggung jawab profesionalnya masing-masing, KGB memerlukan orang-orang dengan berbagai keahlian dan bakat.

KGB Uni Soviet adalah organisasi yang besar dan berstruktur kompleks. Misalnya, pekerjaan Kepala Direktorat Pertama (intelijen) pada dasarnya berbeda dari direktorat teritorial (kontra intelijen, yang terdiri dari 2—6 direktorat). Ada banyak unit khusus, tempur, dan teknis. Selain itu, ada juga unit kontra intelijen militer, pasukan perbatasan (yang memiliki unit intelijennya sendiri), direktorat komunikasi khusus, serta divisi 7 dan 9 yang bertanggung jawab untuk keamanan (pejabat partai),” kata Andrei Milekhin, mantan perwira KGB.

Menurut Milekhin, menanyakan siapa yang bisa mendapatkan pekerjaan di KGB artinya melewatkan poin penting bahwa KGB adalah sebuah organisasi besar yang membutuhkan semua jenis orang.

Pelatihan anggota baru KGB

Pada saat yang sama, lembaga yang kuat dan sangat rahasia itu memandang orang asing dan kandidat yang tidak diminta dengan penuh kecurigaan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved