Breaking News:

Video Lokal

Video Dua Siswa SMKN 1 Muntok Ciptakan Adek V2, Alat Pendeteksi Alkohol melalui Udara

Adek V2 sendiri merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya, namun untuk Adek V1 masih menggunakan powerbank untuk pengisian daya.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Berawal dari mengikuti Edu Fair 2021, dua siswa SMKN 1 Muntok, Bayu Reza Saputra (19) dan Mardinata Indra (17) berhasil ciptakan alat pendeteksi alkohol yang diberi nama Adek V2 (Alkohol detektor).

Sebelumnya diketahui. saat mengikuti Edu Fair 2021, Adek V2 bukanlah alat unggulan yang dipamerkan. Namun Kapolda Bangka Belitung yang saat itu dijabat oleh Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, justru tertarik dengan Adek V2 yang dapat membantu pihak kepolisian.

Dari ketertarikan itulah, akhirnya Adek V2 terus dikembangkan hingga kini alat tersebut mampu mendeteksi kadar alkohol yang berada di udara, makanan dan minuman, hingga bisa mengetahui jika seseorang dalam keadaan terpengaruh minuman ber alkohol.

"Kalau muncul idenya itu saat mau ikut Edu Fair 2021 di Pangkalpinang, jadi untuk alatnya sendiri bisa mendeteksi aroma yang dihasilkan dari uap alkohol," ujar Mardinata Indra, Senin (21/02/2022).

Adek V2 sendiri merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya, namun untuk Adek V1 masih menggunakan powerbank untuk pengisian daya.

Sedangkan Adek V2 saat ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan ringkas, dengan komponen beberapa alat sensor MQ3, Wimos D1 Mini sebagai IC atau otak program, batere 5 volt dan sebuah aplikasi di android.  (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved