Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Kasus Covid-19 Bangka Tengah Tunjukan Tren Kenaikan, Dua Orang Meninggal dalam Satu Bulan

Angka kasus terkonfirmasi covid-19 akhir-akhir kian menunjukan tren kenaikan setiap harinya, khususnya dalam satu pekan terakhir.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, drg M. Annas Ma'ruf. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Angka kasus terkonfirmasi covid-19 akhir-akhir kian menunjukan tren kenaikan setiap harinya, khususnya dalam satu pekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, drg M. Annas Ma'ruf mengatakan, perkembangan kasus bulanan covid-19 Kabupaten Bangka Tengah tahun 2022 memang tampak melonjak.

"Sebelumnya pada bulan Januari 2022 lalu hanya terdapat sekitar 14 kasus saja. Namun bulan Februari 2022, kasusnya melonjak menjadi ratusan,"  kata Annas, Kamis (24/2/2022) kepada Bangkapos.com.

Bahkan, khusus periode tanggal 1-23 Februari 2022, sudah terdapat 2 kasus meninggal dunia.

Ia menyebutkan, saat ini ada sebanyak 259 kasus aktif covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah.

Meski demikian, presentase kesembuhan pasien juga cukup bagus, yang mana pada bulan Februari ini ada 127 pasien yang sembuh dari Covid-19.

"Selama pandemi covid-19 di Bangka Tengah, secara keseluruhan ada 6.581 kasus yang dinyatakan sembuh dari total yang terkonfirmasi sebanyak 7.023 kasus," ungkap Annas.

Baca juga: Beredar Kabar Gudang KIM Digeledah Terkait Dugaan Sabu, Tak Ada Lagi Aktivitas Seminggu Terakhir

Baca juga: Sindikat Narkoba Kelas Kakap Ditangkap di Perairan Dabo, Operasi Berlanjut ke Muntok

Diakuinya, jika melihat grafik perkembangan kasus covid-19 di Bangka Tengah, dalam beberapa hari ini memang mengalami kenaikan yang signifikan.

Bahkan, pada hari kemarin Rabu (24/2/2022) terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19, yaitu sebanyak 54 orang dalam satu hari.

Hal senada juga turut disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 Bangka Tengah, Yudhi Sabara yang mengatakan adanya trend kenaikan Covid-19.

"Trennya memang mengalami kenaikan, tetapi tingkat kesembuhannya juga cukup seimbang," kata Yudhi.

Oleh karena itu, jika memang ada yang terkonfirmasi positif covid-19, disarankan untuk melakukan isolasi, baik itu isolasi mandiri ataupun isolasi terpadu.

"Sesuai dengan arahan pusat, pasien gejala ringan/tanpa gejala bisa melakukan isoman. Sedangkan pasien yang bergejala sedang dan berat dilakukan isolasi di Rumah Sakit," ungkapnya.

Baca juga: Menang Lelang Tanah Diduga Fiktif, Musthofa Mengaku Ditipu, Pihak BNI Pangkalpinang Bilang Begini

Baca juga: Kejari Bangka Selatan Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana, 39 Perkara Didominasi Kasus Sabu

Selanjutnya, dalam upaya mengantisipasi dan mencegah naiknya kasus Covid-19, pemerintah daerah akan mengaktifkan satgas yang ada secara optimal, melakukan percepatan vaksinasi, mendisplinkan prokes, serta melakukan testing dan tracing.

"Jangan abai, tetap patuhi protokol kesehatan. Jika merasa kurang sehat, silahkan periksa diri di rumah sakit atau puskesmas terdekat," imbaunya.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

 
 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved