Breaking News:

GHT SMAN 1 Sungailiat Kreatif Dalam Manfaatkan Sabut Kelapa hingga Budidaya Jamur

Dalam perayaan HUT ke-44 SMAN 1 atau SMANSA Sungailiat juga menampilkan hasil kegiatan ekstrakurikuler para siswa yang tergabung dalam Green House

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam perayaan HUT ke-44 SMAN 1 atau SMANSA Sungailiat juga menampilkan hasil kegiatan ekstrakurikuler para siswa yang tergabung dalam Green House Team (GHT) SMAN 1 Sungailiat, diantara berbagai karya seni kerajinan dari sabut kelapa, pot anggrek serat optik sabut kelapa, kompos, cocopet, budidaya jakaba (jamur keberuntungan abadi) dan budidaya maggot.

Pembina Ekskul GHT SMAN 1 Sungailiat, Hari Mulyo Sanyoto mengatakan para siswa SMANSA Sungailiat yang tergabung dalam Green House Team (GHT) saat ini sudah berhasil membudidayakan Jakaba atau jamur keberuntungan abadi..

"Jakaba ini sangat berguna untuk pupuk organik, karena bisa menyuburkan tanaman sebab mengandung unsur Natrium (N) dan Posfor (P) yang tinggi, namun rendah Kalium (K)," kata Mul, sapaan akrabnya ditemui di sela-sela menjaga stand GHT dalam perayaan HUT ke-44 SMANSA Sungailiat, Jumat (25/02/2022).

Diungkapkannya cara menumbuhkan Jakaba ini dari air leri atau air bekas cucian beras, bisa juga dari air perasan bekatul lalu ditutup rapat menghindari bakteri lain masuk.

"Kita tunggu selama 15 hari, bila berhasil akan tumbuh warna putih-putih di atas air beras ini, bila belum tumbuh juga bisa ditunggu hingga 3 bulan, bila lewat 3 bulan berarti gagal, air beras sebagai wadah hidup Jakaba ini tidak boleh digoyang sama sekali, nggak boleh dipindahkan dan dibuat di tempat yang teduh, gelap dan jangan terkena sinar matahari," jelasnya.

Dilanjutkannya, apabila jamur Jakaba sudah ada yang berhasil tumbuh, maka proses budidaya akan semakin mudah, yaitu cukup memindahkan jamur yang sudah ada dalam wadah air beras, selanjutnya jamur akan berkembang menjadi banyak sendiri.

"Selanjutnya jamur Jakaba bisa diolah menjadi pupuk dengan cara diblender atau dihancurkan lalu dicampur air selanjutnya disiramkan ke tanaman yang dalam masa pertumbuhan atau masa vegetatif," jelasnya.

Menurutnya,  selain itu manfaat Jakaba ini bisa membantu membunuh jamur patogen atau jamur Fusarium yang bisa membunuh tanaman.

"Kalau kita menanam cabai sering ada serangan hama atau jamur sehingga tanaman cabai belang-belang kehitaman, maka hama ini bisa dibasmi dengan cara disemprot campuran Jakaba dengan air pada batang ataupun daun cabai, namun dosisnya dikurangi dari dosis untuk pupuk," jelas Mul.

Sedangkan untuk budidaya maggot itu berasal dari telur lalat BSF (Black Soldier Fly) yang indukannya bisa dari alam.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved