Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Jadwal Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahap 3 Tak Kunjung Keluar, Peserta Diperkirakan Semakin Banyak

Pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahap ketiga masih menunggu jadwal

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: nurhayati
ist/bangkapos
Ilustrasi Gaji PNS atau PPPK kalau nanti honorer diangkat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahap ketiga masih menunggu jadwal.

Diketahui, pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru tahap 1 dan 2 sempat beberapa kali mengalami pemunduran jadwal akibat penerapan PPKM di sejumlah daerah di Indonesia beberapa waktu lalu.

Saat ini, pemerintah kembali menerapkan kembali status PPKM yang membuat pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru tahap ketiga juga ikut diundur.

Hal ini terjadi secara merata di seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar menyebutkan, ada sebanyak 266 formasi PPPK guru yang dibuka pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2021 lalu.

"Tahap 1 lalu yang lolos ada 74 orang, sedangkan yang tahap 2 ada sebanyak 65 orang," kata Iskandar, Minggu (27/2/2022).

Baca juga: Buaya 4 Meter Berbobot 400 Kg Pemangsa Penambang Timah Berhasil Ditangkap dengan Umpan Tupai

Baca juga: Video Detik-detik Penangkapan Buaya Besar di Kolong Tono Kabupaten Bangka, Jadi Tontonan Warga

Dengan begitu, dapat dikalkulasikan bahwa keterisian formasi PPPK guru di Kabupaten Bangka Tengah sudah lebih dari 50 persen atau sekitar 52,3 persen.

"Jadi, dari total 266 formasi yang ada, yang tersisa untuk tahap ketiga nanti ada sekitar 127 formasi," jelas Iskandar.

Ia menyebutkan, jumlah formasi yang tersedia saat ini cenderung sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pendaftar yang justru diperkirakan akan semakin banyak.

Pasalnya, seleksi kompetensi pada tahap pertama dulu merupakan kesempatan terbesar untuk mendapatkan status sebagai PPPK guru karena para pendaftarnya adalah para guru honorer di sekolah negeri di Kabupaten Bangka Tengah saja.

Baca juga: Hampir Dua Pekan, Keberadaan Ruslim Napi yang Kabur masih Misteri, Diburu Tim Gabungan

Baca juga: Puluhan Kilogram Sabu Diangkut Kapal Bos Ikan Muntok, Rumah dan Gudang Ikan Akim Digeledah

Sementara pada tahap kedua lalu, pendaftar dari sekolah swasta sudah diperbolehkan untuk mendaftar asalkan masih dalam wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

"Sedangkan pada tahap ketiga nanti persaingannya akan semakin ketat, karena para calon peserta dari seluruh Indonesia bisa ikut mendaftar," ujarnya.

Oleh karena itu, Iskandar mengimbau para guru yang sebelumnya tidak lolos pada seleksi tahap pertama dan kedua lalu agar semakin giat belajar untuk persiapan seleksi tahap ketiga nanti.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved