Breaking News:

Konflik Rusia dan Ukraina

Tak Takut Mati, Artis Hollywood Ini Malah Kunjungi Ukraina di Hari Pertama Perang, Begini Keadaannya

Pria 61 tahun itu seolah tak takut memfilmkan adegan film dokumenternya tentang perang Rusia Vs Ukraina sejak Kamis, (24/2).

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Evan Saputra
AFP/CHRISTOPHE SIMON via Kompas.com
Artis sekaligus sutradara Hollywood, Sean Penn 

BANGKAPOS.COM - Bintang film sekaligus sutradara, Sean Penn mengunjungi Urkaina di tengah invansi yang dilakukan Rusia. 

Pria 61 tahun itu seolah tak takut memfilmkan adegan film dokumenternya tentang perang Rusia Vs Ukraina sejak Kamis, (24/2/2022)

Penn berada di Kyiv Kamis lalu menghadiri konferensi pers di kantor Presiden Volodymyr Zelenskiy pada hari pertama invasi Rusia.

Ia merekam cuplikan untuk sebuah film dokumenter yang mencatat krisis seperti diberitakan Reuters.

"Sean Penn termasuk di antara mereka yang mendukung Ukraina di Ukraina hari ini. Negara kami berterima kasih kepadanya atas keberanian dan kejujuran yang ditunjukkannya," kata pernyataan kantor pemerintahan Ukraina.

Dikatakan Penn telah mewawancarai tokoh-tokoh politik dan militer Ukraina serta wartawan sebagai bagian dari produksi, di mana ia awalnya mengunjungi Ukraina pada November.

Dalam sebuah pernyataan pekan lalu, aktor pemenang penghargaan Oscar lewat karya "Mystic River" dan "Milk" memuji orang-orang Ukraina sebagai "simbol bersejarah keberanian" dan menyebut Ukraina "ujung tombak untuk merangkul mimpi secara demokratis.

Baca juga: Daftar Negara Sekutu Rusia, Bantu Rusia jika Terjadi Serangan dari Luar, Ada China hingga Belarus

Baca juga: Istri dan Suami Lakukan Ini Agar Hubungan Tetap Bahagia Hari Tua, Kata dr Aisah Dahlan

Baca juga: Lempar BB Sabu ke Kolong Mobil, DN Tak Berkutik Saat di Amankan Satresnarkoba Polres Pangkalpinang

"Jika kita membiarkannya bertarung sendirian, jiwa kita sebagai Amerika hilang," tulis Penn.

Penn, yang memiliki kredit penyutradaraan termasuk "Into the Wild" dan "The Crossing Guard," juga dikenal karena aktivisme politik dan keterlibatannya dalam berbagai tujuan kemanusiaan, termasuk upaya bantuan untuk korban Badai Katrina, gempa bumi Haiti tahun 2010 dan banjir Pakistan di 2012.

Dia menjadi berita utama pada tahun 2016 ketika majalah Rolling Stone menerbitkan sebuah wawancara yang diam-diam dilakukan Penn dengan gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman di tempat persembunyiannya di hutan sebelum penangkapan bos kartel.

Kondisi Penn sekarang

Beberapa hari setelah mengunjungi ibukota Ukraina, Kyiv, untuk memfilmkan adegan film dokumenternya, Bintang Hollywood kini selamat dan tengah berada diantara ribuan pengungsi yang melarikan diri ke Polandia, bergabung dengan eksodus dengan berjalan kaki.

Ia memposting foto ke feed Twitter-nya pada hari Senin yang menunjukkan sedang mengenakan ransel dan membawa koper di atas roda saat dia berjalan dengan susah payah di sepanjang bahu jalan di samping barisan mobil yang membentang di kejauhan.

"Saya dan dua rekan saya berjalan bermil-mil ke perbatasan Polandia setelah meninggalkan mobil kami di pinggir jalan," kata Penn dalam keterangan yang di-tweet dengan gambar tersebut. 

"Hampir semua mobil di foto ini hanya membawa wanita & anak-anak, sebagian besar tanpa barang bawaan, dan mobil satu-satunya milik mereka yang berharga."

Tweet itu tidak menjelaskan mengapa aktor pemenang Academy Award dan rekan-rekannya dipaksa untuk meninggalkan kendaraan mereka.

Seorang juru bicara di Los Angeles, Mara Buxbaum, mengatakan kepada Reuters melalui email pada hari Selasa bahwa Penn telah "berhasil keluar dari Ukraina dengan selamat".

Dia menolak untuk menjawab pertanyaan lain tentang keberadaannya atau keadaan keberangkatannya dari Ukraina.

(Bangkapos.com/Nur Ramadhaningtyas)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved