Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kabar Gembira! UBB Buka Dua Program Studi Magister, Segera Terima Mahasiswa Tahun 2022

Universitas Bangka Belitung kini telah membuka dua program studi magister (S2).

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Dok/UBB
Pamflet UBB buka program studi magister dan program studi S1 baru (Foto Ist/humas UBB) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Universitas Bangka Belitung kini telah membuka dua program studi magister (S2).

Adapun dua program pascasarjana yang akan menerima mahasiswa pada tahun 2022 ini adalah program studi S2 Hukum dan program studi S2 Ilmu Pertanian.

Pada momentum yang sama ada dua program studi S1 terbaru yakni program studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota dan program studi S1 Perikanan Tangkap.

Tak hanya itu, akan ada beberapa program studi baru lagi baik jenjang S1 dan S2 yang akan dibuka oleh kampus peradaban ini.

"Ada 3 program studi lagi yang sedang kita tunggu lagi informasi lebih lanjut, yakni Magister Managemen, S1 Arsitektur dan program studi kedokteran.Selain itu dua program studi baru lainnya sedang menunggu aplikasi dari Dikti untuk pengusulan program studi baru yaitu S1 Bisnis Digital dan S1 Teknologi Informasi," jelas Rektor Universitas Bangka Belitung Ibrahim saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: Satgas Pangan Babel Bakal Awasi Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan, Berikut Daftar Harganya

Baca juga: Minyak Goreng Gratis jadi Daya Tarik Warga Pemali untuk di Vaksin Covid-19, Tak Lama Langsung Ludes

Proses untuk menyiapkan empat program studi terbaru ini membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun dimulai dengan merekrutmen dosen hingga menyusun naskah akademik serta submit di Dikti.

"Dua program studi S1 dan dua program studi S2 ini sudah keluar dan tinggal menunggu SK dari Kemendikbud, kita akan lakukan sosialisasi untuk penerimaan mahasiswa baru," katanya.

Untuk penerimaan mahasiswa baru S2 akan disosialisasi pada beberapa bulan ke depan dengan target kuliah pada bulan Agustus 2022, tentu informasi biaya serta ketentuan akan diinformasikan tim panitia.

"Sementara mahasiswa seluruhnya akan diterima pada jalur mandiri. Selain itu, kita ada rencana akan membuka program studi S2 lagi diantaranya yakni S2  perikanan, S2 ilmu sosial dan S2 politik, serta S2 Teknik," bebernya.

Dia menyebutkan terkait kondisi ini memang UBB punya 20 program studi  tetapi tidak seluruhnya akan didorong untuk membuka program studi S2.

"Sebagian kita dorong untuk S2 interdispliner, serta lainnya didorong S2 monodisplin yang mempengaruhinya adalah kecukupan dosen, syarat ada prodi S2 itu harus punya 3 dosen tetap bergelar doktor dan 2 dosen luar biasa bergelar doktor. Kami memonitor, program studi yang memiliki dosen bergelar doktor untuk didorong program studi magister, ini untuk menampung permintaan masyarakat, pegawai dan alumni UBB," jelasnya.

Jamin Kualitas Lulusan

Rektor Universitas Bangka Belitun Ibrahim mengatakan untuk jaminan kualitas sebagai program studi baru, pihaknya akan mendesain program perkuliahan seefektif dan seefisien mungkin.

Bahkan teknologi yang terus berkembang dengan cepat akan terus dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga perkuliahan akan mengadopsi platform pelajaran daring dan luring dengan maksimal.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved