Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jadi Tuan Rumah Rapat G20, Pimpinan DPRD Babel Ingatkan Pemkab Belitung Persiapkan Infrastruktur

Pulau Belitung menjadi tempat penyelenggaraan Development Working Group Government (DWG) G20.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pulau Belitung menjadi tempat penyelenggaraan Development Working Group Government (DWG) G20.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung Amri Cahyadi mengatakan Pulau Belitung harus berbenah dan mempersiapkan diri dari sisi fasilitas sarana dan prasarana atau infrastruktur.

"Kita sudah menerima surat dari perencana pembangunan nasional tentang penetapan Pulau Belitung sebagai penyelenggaraan G20 yang dilaksanakan 7-9 September 2022 mendatang," kata Amri, Minggu (6/3/2022).

Pimpinan DPRD merasa bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah pusat, yang menyetujui dan menetapkan Pulau Belitung untuk menjadi tempat digelarnya G20 tersebut.

Politisi PPP itu merasa penetapan ini harus didukung bersama karena ini menjadi idaman banyak wilayah di Indonesia, maka kepercayaan itu harus dijaga dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

"Dengan ditetapkan Belitung sebagai tempat diselenggarakan itu maka banyak hal yang harus dipersiapkan, pemerintah pusat sudah mengeluarkan surat edaran untuk mengalokasi anggaran dalam hal memperbaiki fasilitas dan sarana pendukung kegiatan tersebut," ungkap Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bangka ini.

Dia menyebutkan perlu memperhatikan banyak hal seperti fasilitas bandara, jalan hingga kebutuhan lainnya.

"Dukungan itu harus juga lahir dari daerah, kita mesti memastikan infrastruktur jalan dari bandara menuju lokasi, yang merupakan aset provinsi, harus terjamin kondisinya," katanya.

Sehingga untuk menunjang hal itu, Amri meminta agar segera merinci anggaran untuk pendukung tersebut tanpa harus menunggu perubahan APBD 2022.

"Mesti harus dilakukan kegiatan melalui perubahan, tidak bisa kita menunggu perubahan APBD, karena satu sisi agenda dilaksanakan September. Kami sudah menyarankan TAPD untuk mengajukan alokasi anggaran biaya melakukan perbaikan infrastruktur, dengan harapan dapat segera dilakukan lelang dan segera dilaksanakan," saran Amri.

Dia menegaskan, kegiatan G20 ini wajib untuk didukung pasalnya akan memberikan dampak baik bagi Bangka  Belitung.

"Kami harap ini kita dukung, kita bersyukur dan berharap ada muliti efek dari penyelenggaraan ini, minimal yang tampak adalah komitmen pusat untuk memperbaiki infrastruktur kewilayahan di Pulau Belitung. Setelah selesai ini akan membantu peningkatan fasilitas pariwisata di Pulau Belitung," harap Amri.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved