Breaking News:

Video Lokal

Video Lajang atau Belum Menikah di Pangkalpinang Bisa Buat KK Sendiri

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin, mengatakan, seseorang tidak perlu menunggu hingga menikah untuk memiliki KK sendiri.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang, memperbolehkannya masyarakat yang berstatus lajang atau belum menikah untuk membuat kartu keluarga (KK) sendiri.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin, mengatakan, seseorang tidak perlu menunggu hingga menikah untuk memiliki KK sendiri.

Artinya, mereka diperbolehkan dalam satu keluarga terdiri dari satu orang saja. Syaratnya adalah sudah dewasa.

Ini memang bukan hal yang baru. Di Pangkalpinang sendiri kebijakan satu orang bisa memiliki satu KK sendiri sudah diterapkan sejak tahun 2019 lalu.

Warga yang berusia 17 tahun ke atas yang masih belum menikah, masih tinggal dengan orang tua ataupun memiliki rumah sendiri, bisa pisah KK.

Dia mencontohkan, misalnya seseorang yang masih berstatus pelajar dari Pangkalpinang pindah ke luar daerah seperti Jakarta, bisa mengajukan secara pribadi cabut pindah jiwa dari KK orang tuanya.

Contoh lain lanjut dia, misalkan antara kabupaten dan kota yang ada di Bangka Belitung. Seseorang yang sudah bekerja di Kota Pangkalpinang dan orang tuanya tinggal di Kabupaten Bangka Selatan, dapat mengajukan pisah KK ataupun menumpang di KK saudaranya.

Hal itu dapat dilakukan selama ada persetujuan antara kedua belah pihak itu bisa dilakukan dan dibuktikan dengan mengisi formulir dengan dibubuhi materai.

Akan tetapi, hal itu tidak akan mengubah status orang tua dari pemohon tersebut.

Kendati demikian, Darwin mengklaim, di Pangkalpinang sudah banyak anak muda yang pisah KK dengan orang tuanya. Syaratnya pun mudah jika seseorang ingin membuat KK, yaitu sudah dewasa. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved