Breaking News:

Video Lokal

Video Migrasi Data ke SIAK, Dukcapil Pangkalpinang Tutup Pelayanan Sementara

Pelayanan bisa menjadi lebih baik karena dapat terbaca langsung oleh pusat sehingga masyarakat juga dapat mengakses dokumen lebih cepat.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang kembali menutup sementara pelayanan dokumen kependudukan di dinas itu mulai hari ini, Selasa (8/3/2022), hingga Senin (14/3/2022).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin mengemukakan, penutupan tersebut dalam rangka migrasi data ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang membutuhkan waktu selama dua hari lamanya.

Darwin menyebut, ada alasan tersendiri dinas mengambil kebijakan tersebut.

Apabila pihaknya tetap memaksakan pelayanan dikhawatirkan justru akan ada kekeliruan atau bahkan kehilangan data. Sebab selama dua hari tersebut akan dilakukan migrasi data ke pusat.

Jadi selama itu tidak ada proses input, ubah ataupun cetak data. Dukcapil hanya menerima berkas saja. Setelah proses migrasi data selesai semua berkas yang masuk akan segera diproses.

Dia mengklaim, pengalihan sistem menjadi SIAK Terpusat ini diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses dokumen administrasi kependudukan.

Pelayanan bisa menjadi lebih baik karena dapat terbaca langsung oleh pusat sehingga masyarakat juga dapat mengakses dokumen lebih cepat.

Oleh karena itu Darwin meminta masyarakat untuk tetap sabar dalam proses migrasi data ini.

Selama waktu itu juga, petugas di Dukcapil masih memerlukan proses sosialisasi atau pengenalan terhadap sistem yang baru diterapkan untuk menuju digitalisasi Adminduk (Administrasi kependudukan) dalam genggaman. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved