Breaking News:

56 Perwakilan Sekolah se Bangka Belitung Ikuti Lomba Memasak Gebyar SMA/SMA/SMALB

Riuh suara siswa dan guru menyelimuti gedung  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu, (09/03/2022) siang

Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Riuh suara siswa dan guru menyelimuti gedung  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (9/3/2022) siang.

Ramainya para siswa dan guru pedamping tak lain untuk mempersiapkan kebutuhan lomba memasak yang akan diikuti pada hari ini.

Setelah kegiatan dimulai, para siswa berkreasi dengan kelompoknya masing-masing, membawa bumbu tambahan, para siswa memasak menu andalan yang sebelumnya telah diriset dan diskusikan.

Kala proses memasak usai, aroma ikan sajian khas nusantara seolah menusuk hidung saat melewati Gedung LPMP.

Beberapa variasi makanan asal olahan ikan berjejer rapi di meja penjurian. Lempah kuning satu di antara makanan khas Bangka Belitung tampak mendominasi di meja peserta lomba.

Kreatif dan inovatif nampaknya ungkapan pas disematkan pada lomba kali ini. Pasalnya, peserta lomba menyajikan menu yang tak biasa. Kekreatifan itu terlihat jelas pada menu yang disajikan. Minuman tradisional , nasi yang berwarna warni serta olahan ikan yang variatif sebagai satu di antara sajian yang dihidangkan. Ikan merupakan bahan pokok yang dijadikan menu utama dalam lomba memasak kali ini.

Hal tersebut tak lain, sebab Bangka Belitung merupakan satu dari  kepulauan yang memiliki kekayaan ikan yang banyak. Makanan dengan olahan bahan dasar ikan kerap ditemui di Bumi Laskar Pelangi ini.

Kunlistiani selaku Ketua Panitia Gelar Karya Unggulan SMA/SMALB se Bangka Belitung mengaku sangat senang terselenggarakannya kegiatan seperti ini.

"Syukur Alhamdulillah lomba kuliner ini diikuti 56 sekolah se Provinsi Bangka Belitung dengan memgambil tema makanan khas Pulau Bangka Belitung," ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Pangkalpinang itu.

Lebih lanjut ia menambahkan kegiatan ini untuk mengenalkan produk nusantara. Selain itu, kegiatan ini untuk membantu  mengenal makanan khas nusantara khususnya Bangka Belitung lebih banyak lagi,  sekaligus ajang untuk menyalurkan dan menggali potensi siswa yang hobi memasak. " Jadi ingin membudayakan ,ingin mengenalkan produk nusantara, literasi budaya sebetulnya," tambahnya.

Kegiatan lomba memasak sebagai satu di antara rangkaian acara Gebyar SMA/SMALB se Bangka Belitung kali ini merupakan event perdana yang diselenggarakan secara menyeluruh antar SMA se Bangka Belitung.
"Secara full baru diadakan perdana tetapi umumnya di setiap sekolah masing-masing sudah menyelenggarakan kegiatannya," jelasnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini kita siswa dapat belajar secara merdeka, mengekspresikan hobinya masak dapat tersalurkan sambil tetap melestarikan budaya makanan nusantara khususnya Bangka Belitung.
"Harapan ke depannya momen ini menjadi awal kita terus bisa melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan kemudian even-even nanti lebih banyak tidak hanyak ini," ujarnya. (Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved