Breaking News:

Lagi, Pemprov Babel Tandatangani MoU Bidang Pendidikan dengan Polbangtan Malang

Guna meningkatkan kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian menuju pertanian maju mandiri

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
Diskominfo Babel
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Guna meningkatkan kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian menuju pertanian maju mandiri dan modern, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali jalin kerja sama di bidang pendidikan. Kali ini dengan menandatangani memorandum of understanding  (MoU) dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang. Acara dilaksanakan di Ruang Pasirpadi, Kamis (10/3/2022).

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan Sosialisasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Perangkat Daerah yang Membidangi UMKM yang dihadiri oleh camat se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual, mengapresiasi Polbangtan dengan komitmennya meningkatkan produktivitas pertanian melalui peningkatan kompetensi SDM penyuluh bidang pertanian dan perternakan di seluruh wilayah salah satunya Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya sangat mengapresiasi Polbangtan Malang, karena memang penyuluh pertanian memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan keberhasilan sektor pertanian. Penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini dengan memberikan edukasi dan solusi bagi para petani," kata gubernur.

Melalui kehadiran Direktur Polbangtan, Setya Budhi Udrayana di Babel, dikatakan gubernur memberi peluang bagi putra-putri Babel untuk mengenyam pendidikan di Polbangtan Malang.

"Untuk itu saya mengimbau camat yang hadir di sini, bagi masyarakatnya maupun keluarga petani/peternak yang berprestasi dan ingin mengembangkan usahanya dapat memberi informasi untuk dapat kuliah di Polbangtan Malang. Kita akan beri beasiswa. Kita harap mereka nantinya dapat mengembangkan usaha tersebut. Tidak sampai di situ, mereka juga nantinya bisa menjadi penyuluh di daerahnya," ujar orang nomor satu di Babel ini.

Pada kesempatan ini, Gubernur berharap, Budhi Setya beserta jajarannya dapat membantu Pemprov. Babel untuk menggali dan mengembangkan potensi pertanian/peternakan di Babel.

Sementara itu, Budhi Setya menyambut baik keinginan Erzaldi. Dirinya mengatakan Polbangtan membuka peluang bagi putra-putri Babel untuk melanjutkan pendidikan Diploma IV.

"Polbangtan Malang berada di bawah Kementerian Pertanian RI melaksanakan pendidikan vokasi Diploma IV Pertanian dan Peternakan. Saat ini jumlah mahasiswa dan mahasiswi kita berjumlah sekitar 1.200 orang di mana 240 orang di antaranya mengikuti pembelajaran full daring (dalam jaringan) dikarenakan mereka tidak dapat meninggalkan tugas lapangan di instansinya. Walaupun daring, materi dan penugasan diakui sebagai nilai semester," jelasnya.

"Adapun program studi yang ditawarkan yakni Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan serta Agribisnis Peternakan," ujarnya lagi.

Polbangtan sendiri dikatakan Budhi Setya, menyediakan _boarding_ bagi mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari luar kota. Saat ini yang tinggal di asrama berjumlah sekitar 800 orang. Oleh karenanya, semester 1-4 mereka mendapatkan pembelajaran secara tatap muka, kemudian semester 5-6 mereka akan melaksanakan praktek di lapangan atau magang.

"Kami berharap mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari Babel dapat magang di sini agar mereka dapat menggali potensi dan menguasai kondisi di sini. Sehingga usai mereka lulus nanti mereka dapat membangun Babel khususnya bidang pertanian dan perternakan," tegasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved