Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Prediksi BMKG, Empat Hari ke Depan Babel Diguyur Hujan 

Hujan berintensitas sedang hingga lebat mengguyur Kota Pangkalpinang, Rabu (17/3/2022) sore. Hujan berdurasi tak menentu ini juga terjadi beberapa wak

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Hujan yang mengguyur di area kota Pangkalpinang, Rabu (16/3/2022) (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hujan berintensitas sedang hingga lebat mengguyur Kota Pangkalpinang, Rabu (17/3/2022) sore. Hujan berdurasi tak menentu ini juga terjadi beberapa waktu terakhir pada Bulan Maret 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memperkirakan kondisi ini akan tetap terjadi sampai empat hari ke depan (17 - 20 Maret 2022).

"Untuk besok Kamis 17 Maret 2022 dan hingga 3 hari ke depan masih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di seluruh wilayah Babel tanpa terkecuali yang periodenya antara siang hingga sore hari, sedangkan untuk malam - dini hari relatif dengan intensitas ringan hingga sedang saja," ujar Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji, Rabu (16/3/2022).

Sementara untuk sepekan kedepan juga diperkirakan hal serupa, masih terjadi hujan dengan durasi tak menentu. "Untuk satu pekan ke depan agak sulit prakirakan karena errornya akan sangat besar, tapi kemungkinan masih relatif sama," lanjutnya.

Pada kondisi hujan ini, dia meyebutkan potensi genangan ada, namun jika dibandingkan dengan yang dialami dari November 2021 - Januari 2022, maka luasan, durasi dan ketinggian genangan tidak akan melebihi priode puncak hujan tersebut.

"Walaupun potensi hujan yang akan kita terima di Babel saat ini dan beberapa minggu ke depan hingga April akhir diprakirakan tidak lah sebesar di puncak peng hujan namun tetap kewaspadaan dan hati-hati saat beraktivitas," katanya.

Dia menyarankan masyarakat perlu tetap memastikan bahwa informasi cuaca rutin baik prakiraan maupun peringatan dini selalu diterima dan diperhatikan.

Serta selalu memeriksa bahwa atribut musim peng hujan selalu tersedia di rumah dan kendaraan serta kondisinya masih baik ketika akan digunakan.

"Untuk potensi Banjir Rob sendiri kami belum mendapat adanya kejadian tersebut dari beberapa grup kebencanaan yang kami ikuti, potensinya memang kecil karena selain ketinggian pasang surut yang tidak terlalu tinggi, hujan yang menyertai pun relatif hanya dengan intensitas ringan-sedang khususnya pada pagi hari ," katanya. ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved