Breaking News:

Konflik Rusia dan Ukraina

Inilah Bukti-bukti Baru Laboratorium Biologi Ukraina yang Dibiayai AS Sudah Didapatkan Rusia

Moskow yakin bahwa laboratorium di Ukraina didanai oleh militer AS dibuat untuk membuat komponen senjata biologi, tapi staf lokal tidak mengetahui

Editor: Evan Saputra
KOLASE
Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bukti laboratorium biologi pembuat senjata biologi di Ukraina yang dibiayai AS 

Inilah Bukti-bukti Baru Laboratorium Biologi Ukraina yang Dibiayai AS Sudah Didapatkan Rusia

BANGKAPOS.COM - Moskow yakin bahwa laboratorium di Ukraina didanai oleh militer AS dibuat untuk membuat komponen senjata biologi, tapi staf lokal tidak mengetahui mengeni penelitian mereka.

Hal ini disampaikan oleh jenderal Rusia senior pada Kamis (17/3/2022) mengutip RT.

Letnan-Jenderal Igor Kirillov, yang mengkomando Pasukan Nuklir, Biologi dan Perlindungan Kimia, menunjukkan dokumen dan gambar menunjukkan mengapa militer Rusia sampai pada kesimpulan tersebut.

"Kami yakin bahwa komponen senjata-senjata biologi dibuat di wilayah Ukraina," ujar Kirillov.

Ia mencatat bahwa dokumen yang ia tunjukkan "memiliki tanda tangan asli pejabat-pejabat dan disahkan oleh stempel organisasi," bagi para jurnalis dan pakar di Barat meragukan hasil penemuan Rusia.

Satu dokumen, bertanggal 6 Maret 2015, mengkonfirmasi "partisipasi langsung Pentagon dalam pembiayaan proyek biologi militer di Ukraina," ujar Kirillov.

AS secara resmi membiayai proyek melalui Kementerian Kesehatan Ukraina, menurut Kesepakatan Aktivitas Gabungan Biologi.

Namun, bukti menunjukkan bahwa penerima asli dana USD 32 juta adalah laboratorium Kementerian Pertahanan Ukraina di Kiev, Odessa, Lvov, dan Kharkov.

Baca juga: INILAH Armand Hartono Anak Bos BCA dan Djarum, Bandingin Gayanya Sama Indra Kenz & Doni Salmanan

Baca juga: Info Terbaru Honorer Dihapus 2023, DPR Bereaksi: Semua Harus Jadi PNS Maupun PPPK

Fasilitas-fasilitas ini dipilih oleh Administrasi Pengurangan Ancaman dari Departemen Pertahanan AS (DTRA), dan kontraktor Black and Veatch, untuk melaksanakan proyek U-P-8, bertujuan mempelajari patogen demam berdarah Krimea-Kongo, leptospirosis, dan hantavirus, papar Kirillov, menunjuk ke slide menunjukkan permintaan Pentagon.

Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bukti laboratorium biologi pembuat senjata biologi di Ukraina yang dibiayai AS
Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bukti laboratorium biologi pembuat senjata biologi di Ukraina yang dibiayai AS (KOLASE)

"Dari pandangan kami, kepentingan biolologis militer AS adalah berdasar fakta bahwa patogen-patogen ini memiliki fokus alami baik di Ukraina maupun di Rusia, dan penggunaannya dapat disamarkan sebagai wabah penyakit alami," ujar jenderal tersebut.

Menurut bukti, laboratorium mengisolasi tiga bakteri patogen (menyebabkan wabah, brucellosis dan leptospirosis) dan enam keluarga virus, termasuk coronavirus, yang semuanya resistan terhadap obat dan menyebar dengan cepat dari hewan ke manusia.

Sejumlah dokumen mengkonfirmasi sampel yang diambil di Ukraina ke negara lain - Georgia, Jerman, dan Inggris.

Kirillov menunjukkan dokumen resmi yang mengkonfirmasi transfer 5.000 sampel serum darah yang diambil dari warga Ukraina ke pusat Richard Lugar yang didukung Pentagon di Tbilisi, Georgia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved