Breaking News:

Pendidikan Transformatif Ciptakan SDM Unggul dan Berdaya Saing Global

Pendidikan transformatif akan menciptakan sumber daya manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
The Local Enablers Education. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pendidikan transformatif akan menciptakan sumber daya manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang unggul dan berdaya saing global.

Cita-cita inilah yang ingin diwujudkan Melati Erzaldi selaku Bunda Paud Babel sekaligus sebagai penggerak di berbagai komunitas pemuda.

"Kata kunci yang perlu dipahami dalam pendidikan transformatif yaitu perubahan. Di sini kita berharap guru maupun murid selalu adaptif melakukan perubahan. Perubahan dalam arti mampu merubah pola pengajaran yang lama dengan pola yang aplikatif dan kreatif. Sehingga kita harapkan anak -anak kita dapat lebih aktif. Mereka lebih percaya diri meningkatkan kompetensinya untuk bersaing secara global," jelas Melati mengawali sambutan pada Kegiatan Diskusi Pendidikan Transformatif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilakukan secara virtual, Jumat (18/3/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Ketua PGRI Babel, Kepala Sekolah, Guru serta Siswa-Siswi di Bangka Belitung ini, juga menghadirkan narasumber dari The Local Enablers Education.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Ervawi menyambut baik kegiatan yang menurutnya mendukung kesiapan SDM untuk menghadapi perubahan tatanan kehidupan akibat dari kemajuan teknologi yang semakin pesat.

"Di sinilah peran pendidikan, yakni mengubah peradapan masyarakat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar sesuai dengan tuntutan zaman tanpa harus menghilangkan jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia," ujarnya.

Ditegaskannya, transformatif dan perubahannya ini mencakup perubahan teknologi, perubahan pribadi dalam menghadapi perubahan teknologi tersebut serta perubahan tersebut juga akan berimbas pada perubahan organisasi.

"Perubahan ini akan melahirkan insan ynag cerdas komprehensif dan cerdas kompetitif," tegasnya.

Sementara itu, Pencetus The Local Enablers, Dwi Purnomo juga Dosen pada Universitas Padjajaran menyampaikan bahwa memasuki era digital, tenaga pendidikan maupun peserta didik harus memiliki digital mindset.

"Saat ini semua sudah bergantung pada teknologi, maka kita juga berharap anak-anak kita menguasai teknologi melalui penerapan pada sistem pendidikan kita, "ujarnya mengawali paparan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved