Breaking News:

Berita Sungailiat

53 Personel Kompi Senapan B Kembali dengan Selamat Usai Bertugas Setahun di Perbatasan Lebanon

"Tugas di sana ibarat setor nyawa,. Setelah kita menengahinya, tentara Indonesia dikatakan tentara gila,: tutur Danu.

Penulis: edwardi | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Personel Satgas Yonmek TNI Konga Unifil XXIII-O Lebanon Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP sujud syukur di lapangan upacara Markas Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP, Selasa (22/3/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka ,Mulkan dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin, menyambut purna tugas personel Satgas Yonmek TNI Konga Unifil XXIII-O Lebanon Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP di lapangan upacara Markas Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP, Selasa (22/3/2022).

Anggota Pasukan Garuda Indonesia yang bertugas menjaga perdamaian di perbatasan Lebanon dan Israel selama satu tahun ini berjumlah 53 personel. Dipimpin Komandan Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP, Kapten (Inf) Danu Winarko, mereka pawai mengelilingi jalanan utama Kota Sungailiat.

Saat tiba di pintu gerbang Kompi Senapan B disambut pengalungan bunga oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin.

Sebelum masuk markas Kompi Senapan B, seluruh anggota pasukan sujud syukur sebagai wujud rasa syukur atas keselamatan seluruh anggota pasukan yang berhasil kembali secara utuh.

Selanjutnya memasuki lapangan upacara untuk menerima penyambutan resmi dari Pemkab Bangka, dengan inspektur upacara Bupati Bangka, Mulkan.

Komandan Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP, Kapten (Inf) Danu Winarko, mengatakan, penugasan sebagai personel Satgas Yonmek TNI Konga Unifil XXIII-O Lebanon selama satu tahun.

"Tugas kami di sana menjaga perdamaian perbatasan antara negara Israel dan Lebanon yang dinamakan blue zone. Memang penugasan di sana banyak ke arah politiknya. Karena sebagian besar penduduk Lebanon beragama Islam, sehingga kita di sana sangat diterima para penduduknya," kata Danu.

Setiap ada kejadian kontak senjata antara Israel dan Lebanon, lanjutnya, maka mereka ditugaskan untuk menengahinya.

"Tugas di sana ibarat setor nyawa,. Setelah kita menengahinya, tentara Indonesia dikatakan tentara gila. Tetapi kenyataannya kita memang berani maju ke tengah-tengah supaya pertikaian tidak terjadi dan hal itu yang memang diharapkan pemerintah," tutur Danu.

Karena itu, saat serah terima tugas ke satgas lainnya, pihaknya mendapatkan ucapan terima kasih dari Force Commander yang memimpin pasukan PBB di Lebanon. Juga saat penyambutan di Kodam, mendapatkan ucapan terima kasih sudah menyelesaikan tugas dengan baik.

"Intinya, tugas itu kalau enggak ada korban dan semua personie selamat, artinya tugas berhasil," ujarnya.

Dia mengakui, karena alutsista yang digunakan terbilang sudah tua, sehingga beberapa kali terjadi kecelakaan. Namun Danu bersyukur semuanya berhasil selamat dan kembali pulang ke Kompi Senapan B.

"Untuk menjadi anggota Pasukan Garuda ini memang ada beberapa tes yang harus dijalani, seperti kesehatan, jasmani, Bahasa Inggris, psikologi, kemampuan menguasai komputer. Setelah melalui penjaringan di Mabes TNI, bagi yang layak dan lulus bisa berangkat. Awalnya kita yang ikut ada 70 orang, akhirnya yang diterima 53 orang," beber Danu.

Bupati Bangka, Mulkan, dalam amanatnya mengatakan, upacara penyambutan ini digelar sebagai tanda penghormatan kepada anggota Kompi Senapan B yang berjumlah 53 orang, yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga Unifil XXIII-O Lebanon Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP telah kembali ke kesatuan dalam keadaan aman.

"Saya atas nama Pemkab Bangka dan masyarakat Kabupaten Bangka, mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air ke Bumi Sepintu Sedulang Kabupaten Bangka. Kami ucapkan terima kasih dan berikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota Kompi Senapan B dalam mengemban misi perdamaian dunia," kata Mulkan.

Dari 53 personel, lanjutnya, ada 6 orang personel asli asal Bangka. Hendaknya, kaa Mulkan, penugasan ini dijadikan pengalaman dan pembanding pemikiran yang positif ,serta sebagai bekal dalam membina dan meningkatkan kemampuan para prajurit dalam menghadapi tugas-tugas ke depan.

Kegiatan penyambutan dihadiri unsur Forkopimda Bangka, Wakil Ketua 1 DPRD Bangka Mendra Kurniawan, Sekda Bangka Andi Hudirman, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka dan tamu undangan lainnya. Turut mengikuti upacara pasukan dari Brimob Polda Babel, Polres Bangka, Satpol PP Bangka, Kompi Senapan B dan lainnya. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved