Breaking News:

Wagub Bangka Belitung Lantik Kepengurusan Dekopin Babel

PANGKALPINANG - Kepengurusan Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masa jabatan 2022-2027 resmi dikukuhkan.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Acara Peresmian pengukuhan Dekopin Babel, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (22/3). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepengurusan Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masa jabatan 2022-2027 resmi dikukuhkan.

Peresmian pengukuhan Dekopin Babel dilakukan oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah yang berlangsung di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (22/3/2022).

Kegiatan ini juga disertai dengan penandatangan MoU pengelolaan keuangan dan pembiayaan dengan Kepala Bank Sumsel Babel bersama Ketua Umum Dekopin Babel Datuk Ramlih Sutan Negara.

Abdul Fatah berharap, kehadiran Dekopin mampu membangkitan perekonomian di Bangka Belitung.

"Melalui pelatikan ini, menandai kepada kita semua mengenai eksistensi Dekopin," kata Abdul Fatah,

keleluasaan penggunaan ekosistem digital dalam pengelolaan koperasi (seperti Rapat anggota bisa secara online sesuai gaya hidup saat ini) dan memberi peluang akses pasar yang besar dengan adanya kuota 40 persen pengadaan barang atau jasa pemerintah dan pagu Rp15 miliar untuk koperasi dan UMK.

Adanya berbagai kemudahan tersebut,diprediksi akan melahirakn model koperasi inovatif seperti platform co-op atau community co-op serta amalgamasi merger atau akuisisi koperasi.

Untuk meningatkan kapasitas akan semakin lumrah dan dekopinwil dalam hal ini menjadi mitra pemerintah dalam mengambil peran strategis dalam pemberdayaan dan pengembangan koperasi.

Ke depan, ia mengarahkan Dekopin agar dapat membangun konsolidasi.

"Koperasi kita harus mampu bersaing. Sesuai data dinas bahwa di Babel cukup besar dari UMKM-nya, namun banyak juga yang tersendat karena modal. Maka inilah salah satu akses tersebut," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved