Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Wakil Gubernur Sambut Baik Penerapan Elektronik Traffic Law Enforcement di Babel

Tilang berbasis elektronik ini, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat Babel dalam hal beralu lintas di jalan raya.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Riki Pratama
Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah menyambut baik dengan telah adanya Elektronik Traffic Law Enforcement (E-TLE) Tahap II yang di launching di Gedung Regional Traffic Management Center (RTMC) Ditlantas Polda Babel pada Sabtu (26/3/2022) kemarin.

Menurutnya, tilang berbasis elektronik ini, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat Babel dalam hal beralu lintas di jalan raya.

"Karena berada di era disrupsi seperti saat ini, menjadi kata kunci dalam suatu bangsa dan negara adalah teknologi, informasi, komunikasi, digital, yang seharusnya kita aplikasikan dan implementasikan dalam tugas kita di mana pun kita berada. Jika sebelumnya tilang dilakukan secara konvensional, kini mulai beralih ke digital," kata Wakil Gubernur Abdul Fatah, belum lama ini.

Abdul Fatah mengapresiasi inovasi yang dilakukan kepolisian ini, karena dengan adanya E-TLE, pekerjaan aparat kepolisian semakin mudah.

"Ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas, karena setiap gerak-geriknya dipantau dengan kamera digital yang canggih. Apabila terjadi pelanggaran lalu lintas, maka polisi tidak perlu lagi capek-capek berteriak-teriak, tapi cukup ada kamera canggih yang mengintai dan akan menyajikan apa yang terjadi di tataran jalan raya tersebut," terangnya.

Launching, E-TLE Tahap I sebelumnya sudah dilakukan di 12 provinsi pada 23 Maret 2022 lalu, dan dilanjutkan tahap II yang dilaksanakan di 14 provinsi, termasuk Babel, secara virtual di masing-masing Polda terkait.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra mengatakan Kapolri telah me-launching langsung E-TLE tahap II di 14 provinsi, termasuk di Babel.

Ia menjelaskan di Babel baru ada empat titik yang baru bisa dipasang kamera E-TLE ini, dan nantinya penilangan di lokasi tersebut akan menerapkan penegakan hukum berbasis elektronik.

Empat titik tersebut adalah Persimpangan Semabung, Persimpangan Air Itam, Persimpangan Transmart dan Persimpangan Ramayana.

Namun, perlu diketahui, sudah terdapat 31 kamera digital yang dipasang di beberapa titik di Babel.

"Mudah-mudahan dengan bantuan pemerintah daerah, kita bisa mengembangkan lagi, di beberapa titik, bila perlu semua kabupaten ada kamera E-TLE ini. Nah, selain memantau pelanggaran lalu lintas, sebenarnya kamera ini juga dapat memantau tindak kriminal yang mungkin saja kapan pun bisa terjadi. Jadi, ini juga baik untuk menjaga keamanan masyarakat," kata Kapolda.

(rilis/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved