Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jadi Tuan Rumah Kongres Halal Internasional, Bangka Belitung Siapkan Tour Wisata Halal

Bangka Belitung (Babel) akan menjadi tuan rumah Kongres Halal Internasional 2022, yang akan digelar pada Mei 2022 mendatang. 

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Direktur Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Nardi Pratomo 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bangka Belitung (Babel) akan menjadi tuan rumah Kongres Halal Internasional 2022, yang akan digelar pada Mei 2022 mendatang. 

Kegiatan ini direncanakan akan dihadiri perwakilan dari 50 negara dengan jumlah peserta ada 450 orang. 

Direktur Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Nardi Pratomo mengatakan persiapan kongres halal internasional ini sudah mencapai 80 persen. 

"Alhamdulilah, kita berkoordinasi dengan pusat, harapannya acara ini nanti dibuka oleh pak Presiden RI Joko Widodo. Kita sudah berkoordinasi dengan LPPOM pusat, BPJPH pusat, dan kementerian terkait," ujar Nardi, Selasa (29/3/2022). 

Baca juga: Kiamat Uang Kertas Segera Terjadi, Ini Penjelasan dari Bank Indonesia

Baca juga: Biaya Hidup Mahal dan Gaji di Bawah UMR, Karyawan Ini Sebut Lebih Besar Pasak daripada Tiang

Untuk teknis acara seperti pembukaan hingga penutupan sudah tertata, kegiatan akan direncanakan dimulai pada tanggal 9 Mei 2022 di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre. 

"Inti acara nanti dua hari pada tanggal 9-10 Mei 2022 itu acara kongres, 11-13 Mei itu nanti acara tour wisata halal di kabupaten/kota, nanti dibagi-bagi. 450 peserta ke Belitung kita kirim 120 orang, untuk ke kabupaten/kota nanti mungkin rata-rata 50 orang," jelas Nardi.

Kegiatan kongres ini didukung oleh bupati dan walikota dari tujuh kabupaten kota di Bangka Belitung

"Sasaran kita di acara kongres ini, UMKM kita ketemu dengan buyer atau investor, maka kita pilih UMKM yang kuat, legalitas lengkap, agar diminta dalam jumlah yang banyak bisa dicakupi," katanya. 

Selain menemukan buyer dengan UMKM, kongres ini juga akan launching produk halal Babel, dan melahirkan resolusi halal dunia serta ingin memperkenalkan Babel. 

"Kita berharap dengan kegiatan ini Babel akan semakin dikenal dunia," kata Nardi.

2.240 UMKM Tersertifikasi Halal

Menunjang halal tourism, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berupaya mengajak para UMKM melakukan sertifikasi halal. 

Hingga saat ini, terdata ada 2.240 UMKM (termasuk restoran, catering, industri pengolahan) yang sudah mengantongi sertifikat halal di Bangka Belitung

"Kalau data dari disperindag, ada 16 ribuan UMKM, kalau kita baru 2.240 artinya baru sekitar kurang lebih 14 persen, artinya masih banyak PR kita," kata Nardi. 

Dia membeberkan ada beberapa hal penyebab para UMKM masih belum mengantongi sertifikat halal. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved