Breaking News:

3 Hal Ini Harus Diperhatikan demi Kemajuan Bangka Belitung, Begini Penjelasan Gubernur Erzaldi

Ketiga, kita tidak boleh hanya mengandalkan satu sektor saja. Contohnya hanya mengandalkan pertambangan, atau pun pariwisata saja.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Novita
Diskominfo Babel
Seminar Arah Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023-2026 di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Belitung, Rabu (30/3/2022). 

BELITUNG - Pembangunan merupakan proses perubahan ke arah yang lebih baik, yang mana mencakup seluruh sistem seperti sosial, politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya.

Maka dari itu, dalam Seminar Arah Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023-2026, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, menyampaikan tiga hal demi kemajuan Babel

"Menuju usia Babel memasuki tahun ke-22, tentu ini menunjukkan bahwa Babel tidaklah muda lagi dan sudah dewasa. Untuk itu, saya ingin menyampaikan, ada tiga hal atau titik perhatian yang perlu kita perhatikan dalam hal pembangunan daerah, demi kemajuan Babel," kata Gubernur Erzaldi dalam acara yang bertempat di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Belitung, Rabu (30/3/2022).

Pertama, bagaimana masing-masing daerah kabupaten/kota, dan provinsi sebagai koordinatornya, dapat mengembangkan dirinya secara mandiri dalam rangka memperoleh pendapatan daerah yang lebih baik/besar.

Kedua, kita harus siap memberdayakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di setiap daerah, untuk mendapatkan dan membantu daerah sebagai sumber pendapatan. Masing-masing daerah, sesuai keunggulan daerahnya ini, harus benar-benar dipersiapkan karena ini memengaruhi pembangunan dalam daerah tersebut.

Ketiga, kita tidak boleh hanya mengandalkan satu sektor saja. Contohnya hanya mengandalkan pertambangan, atau pun pariwisata saja. Ada baiknya mengolaborasikan semua sektor yang ada di daerah.

Seminar menghadirkan 4 pemateri. Yakni Ketua DPRD Bangka Belitung, Herman Suhadi, yang memaparkan tentang Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2023-2026, Kepala Kejaksaan Tinggi Babel Daroe Tri Sadono, dengan pemaparan mengenai Arah Kebijakan Daerah dalam Perspektif Hukum, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan Arah Kebijakan Pembangunan Ekonomi Daerah dalam Mendukung Proritas Nasional, dan Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementrian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata, yang membahas tentang Arah Kebijakan Pembangunan Kewilayahan Daerah dalam Mendukung Prioritas Nasional.

Sementara itu, Ketua DPRD Bangka Belitung, Herman Suhadi, mengatakan, kemajuan pembangunan daerah berhubungan dengan indikator-indikator pembangunan yang baik.

Indikator tersebut yaitu adanya peningkatan standar hidup, peningkatan penyediaan infrastruktur, dapat mengurangi ketimpangan pembangunan, dapat memberdayakan masyarakat, dapat mempertahankan atau menjaga kelestarian sumber daya, serta peningkatan kebebasan dan hak-hak sipil.

Guna memberikan yang terbaik untuk masyarakat, DPRD Babel pun sempat berdiskusi dan menanyakan mengenai hal ini dengan Pemerintah Surabaya.

"Dikatakan oleh mereka, bahwa kunci keberhasilan pembangunan daerah adalah kolaborasi dan kerja sama yang baik antara kabupaten/kota. Ini bisa kita tiru," ujar Herman.

Selain kolaborasi, Gubernur Erzaldi juga berharap agar stakeholders, instansi vertikal, forkopimda, untuk berpikir cermat, cepat, cerdas, dan kreatif, dalam hal mewujudkan Babel yang semakin baik pembangunannya.

"Saya ingin mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk lebih cerdas dalam rangka membuat kebijakan ke depannya, sehingga apa yang baik untuk saat ini bisa dipertahankan, bahkan bisa ditingkatkan lagi," kata gubernur. 

Turut hadir dalam acara ini, Forkopimda Babel, perangkat daerah lingkup provinsi, unsur pemerintah dan instansi vertikal Babel. (*)

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Fajar
Editor: Lisia Ayu

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved