Breaking News:

Ramadhan

Ramadan 1443 Hijriah, Polda Babel Ingatkan Masyarakat Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Pihaknya juga akan melakukan pemantauan di titik-titik yang rawan tindak kejahatan guna meminimalisasi tindakan kriminal.

Penulis: Jhoni Kurniawan |
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Umat Islam di Indonesia dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya, dalam hitungan jam ke depan akan mulai menunaian salat tarawih, sahur dan berbuka puasa, sebagai rangkaian Ramadan 1443 H./2022 M.

Tahun ini, Ramadan 2022 juga dilaksanakan berdampingan dengan suasana pandemi Covid-19, yang belum juga berakhir.

Untuk itu, Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sekaligus mengimbau, agar masyarakat tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dinilai kurang bermanfaat saat Ramadan.

Kepala Bidang Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi, menyatakan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Ramadan dan Idulfitri 1443 H/2022 M yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada 29 Maret 2022 lalu.

Melalui SE ini, Maladi menyebut, umat Islam diperbolehkan melangsungkan ibadah-ibadah selama Ramadan 2022, sekaligus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dari risiko penularan Covid-19.

"Berdasarkan SE yang telah disampaikan oleh Menteri Agama RI, maka masyarakat diperbolehkan melangsungkan ibadah-ibadah selama Ramadan 2022. Namun demikian, kami minta agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan dampak negatif," kata Maladi kepada Bangkapos.com pada Sabtu (2/4/2022) siang.

Kepolisian di Mapolda Kepulauan Bangka Belitung, lanjut Maladi, akan tetap bergerak dan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan situasi aman, nyaman dan ketertiban masyarakat selama Ramadan 2022.

"Patroli untuk pengaturan dan pengamanan baik saat berbuka, tarawih hingga sahur masih akan tetap kami lakukan sehingga masyarakat kita merasa nyaman saat beribadah," ujarnya.

Pihaknya juga akan melakukan pemantauan di titik-titik yang rawan tindak kejahatan guna meminimalisasi tindakan kriminal.

"Mari kita isi Ramadan 2022 ini dengan ibadah-ibadah yang menambah nilai pahala, dan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan, sehingga tetap aman dan nyaman saat melakukan rangkaian puasa dan Idulfitri kelak," ucapnya. ( Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved