Breaking News:

Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadan Jadi Momentum Memperbaiki Diri

Salah satu keistimewaan bulan Ramadan, yakni bulan diturunkannya Al-Qur'an sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat Islam.

Penulis: Sela Agustika |
Bangkapos.com/Sela Agustika
Rektor IAIN SAS Babel, Dr H Zayadi 

Oleh : Rektor IAIN SAS Babel, Dr H Zayadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bulan suci Ramadan menjadi momen yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia.

Banyaknya keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadan, membuat umat muslim merasakan nikmatnya menjalani ibadah.

Selama bulan Ramadan segala sesuatu termasuk ibadah, dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Salah satu keistimewaan bulan Ramadan, yakni bulan diturunkannya Al-Qur'an sebagai pedoman dan petunjuk bagi Umat Islam.

Sebagaimana dijelaskan dalam QS Al-Baqarah: 185 yang artinya seperti berikut ini.

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS Al-Baqarah: 185).

Memedomani Al-Qur'an di bulan Ramadan sebagai identitas keistimewaan, termasuk mengamalkan Al-Qur'an pada 10 hari pertama Ramadan, akan mendapat rahmat di mana Allah SWT akan menurunkan kasih sayang kepada mahkluk-Nya.

Berbagai keutamaan lainnya juga didapatkan bagi Umat Islam yang menjalan ibadah di bulan Ramadan. Satu di antaranya mengejar maghfira Allah SWT.

Bulan Ramadan menjadi momen untuk menguatkan iman, menahan diri dari perbuatan tercela dan dilarang oleh Allah SWT.

Selain itu, pada bulan Ramadan, umat Islam juga dianjurkan untuk saling berbagi atau bersedekah..

Oleh karena itu, bulan Ramadan mengajak kita untuk meraih ibadah hablum minallah  dan hablum minannas..

Mari jadikan kelebihan dan keistimewaan dari bulan Ramadan dengan banyak memperbaiki diri dengan memanfaatkan kelebihan dan keistimewaan di bulan Ramadan. (Bangkapos.com/Sela Agustika).

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved