Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BMKG Prediksi Angin Puting Beliung hingga Hujan Deras Masih Berpotensi Terjadi di Bangka Belitung

Selain puting beliung, hujan deras disertai petir dan angin kencang akan melanda sejumlah wilayah di Babel beberapa hari ke depan.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Novita
Bangkapos.com
ILUSTRASI Prakiraan Cuaca 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - BMKG Pangkalpinang memprediksi angin puting beliung masih berpotensi terjadi di wilayah Bangka Belitung.

Selain puting beliung, hujan deras disertai petir dan angin kencang akan melanda sejumlah wilayah di Babel beberapa hari ke depan.

Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, mengatakan, BMKG memprediksi cuca ekstrem ini terus terjadi sampai lima hari ke depan.

"Terkait dengan potensi hujan sedang, lebat yg dapat disertai dengan petir dan angin kencang yang masih cukup tinggi di wilayah Babel hingga 4-5 hari ke depan," jelas Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, Selasa (5/4/2022).

Ia menambahkan, khusus anging puting beliung, masih berpotensi terjadi di wilayah Bangka Belitung, untuk beberapa pekan ke depan.

"Sama dengan potensi hujan sedang-lebat yang tadi saya sebutkan, puting belitung pun sama," jelasnya.

Kurniaji mengatakan, hingga April akhir mendatang Babel masih pada musim peng hujan atau tepatnya penghujung musim peng hujan.

Oleh karena itu, cuaca ekstrem ini baru bisa berakhir apabila periode peralihan sudah selesai.

"Setelah itu pancaroba hujan ke kemarau yg biasanya akan berlangsung seitar 3-4 minggu dan setelah itu baru mulai musim kemarau," lanjutnya.

Selain itu, kata Kurniaji, cuaca ekstrem akan terjadi di seluruh kabupaten kota yang ada di Bangka Belitung dengan potensi sama besar.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan informasi cuaca rutin dari BMKG terutama informasi peringatan dini.

"Tidak keluar rumah jika sudah melihat kondisi cuaca yang kurang bersahabat, seperti awan mendung gelap dan terpaan angin yang cukup terasa. Tidak berenang, berteduh di bawah pohon, dekat dengan tiang listrik, dan berdiri di area terbuka ketika terjadi sambaran petir, kliat," jelasnya.

Dia berharap, masyarakat dapat memastikan atribut musim peng hujan seperti payung dan jas hujan tersedia dan dalam kondisi siap pakai baik, di kendaraan maupun di rumah.

Mendominasi

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved