Breaking News:

Inilah Asal Muasal dan Cara Kerja Bitcoin, Uang Digital yang Diharamkan MUI

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Meski begitu uang digital ini diharamkan MUI

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Iwan Satriawan
freeformers.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Bitcoin adalah mata uang digital yang dipertukarkan antara dua pihak tanpa melibatkan perantara seperti bank atau lembaga keuangan lainnya. 

Sebagaimana didefinisikan oleh penemu Bitcoin, Satoshi Nakamoto, Bitcoin adalah “versi murni uang elektronik yang memungkinkan pembayaran online dikirim langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui lembaga keuangan. 

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman.

Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara digital. Karena bentuknya digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara.

Tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya.

Untuk memahami Bitcoin, seseorang perlu memahami struktur yang mendasarinya, cara kerja  Bitcoin, dan tingkat penggunaannya di Indonesia.

Pengertian bitcoin

Bitcoin, sering digambarkan sebagai cryptocurrency, mata uang virtual atau mata uang digital, adalah jenis uang yang sepenuhnya virtual.

Ini seperti versi uang tunai online. Anda dapat menggunakannya untuk membeli produk atau layanan.

Bagaimana cara kerja bitcoin?

Dikutip dari Kompas.com, pada dasarnya setiap 'keping' bitcoin adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi 'dompet digital' di smartphone atau komputer.

Para pemilik bitcoin adalah bertransaksi dengan cara mengirimkan (satu atau sebagian) uang digital tersebut melalui dompet digital.

Lalu, setiap transaksi bitcoin dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved