Breaking News:

Berita Pangkalpinang

10 Tahun Produksi Cincau, Setiap Ramadan Lusi Bisa Produksi Hingga 1.000 Balok Per Hari

Cincau menjadi kudapan yang selalu mewarnai hidangan selama ramadan. Cincau juga sering ditemui selain bulan ramadan.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Lusi (Kanan) Pemilik Pabrik Cincau W2 di Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM BANGKA -- Cincau menjadi kudapan yang selalu mewarnai hidangan selama ramadan.

Cincau juga sering ditemui selain bulan ramadan, namun keberadaan cincau pada hari biasanya tak sebanyak di bulan Ramadan.

Lusi pemilik produksi cincau W2 di Kota Pangkalpinang ini mengaku produksi cincau di pabrik miliknya meningkat selama ramadan.

Bahkan usaha yang ditekuninya kurang lebih 10 tahun ini mengungkapkan jika momen ramadan ini menjadi berkah bagi pabrik cincau miliknya.

Di mana pada hari biasa produksi cincau hanya 80 balok per harinya, sedangkan selama ramadan bisa mencapai 1.000 balok.

"Alhamdulillah selama ramadan ini memang produksi cincau meningkat waktu puasa pertama kemarin 1.000 balok kita produksi, namun semakin bertambah ramadan produksi juga semakin berkurang, dan hari ini kurang kita produksi 700 balok," ungkap Lusi kepada Bangkapos.com, Kamis (7/4/2022).

Ia mengungkapkan bisnis cincau yang digelutinya ini bermula dari industri rumahan kecil, yang mana awal mula mencoba ia pun mengaku pernah gagal berkali-kali.

"Awal mula kita buka usaha cincau ini karena waktu itu kita dagang cincau, namun pembelian dibatasi padahal yang beli lumayan banyak, dari sinilah kita mulai buka dengan modal awal hanya Rp2 juta," ungkap Lusi.

Ia mengatakan, dalam proses pembuatan cincau sendiri memerlukan waktu kurang lebih dua jam. Sedangkan untuk proses pengerasan cincau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

"Pertama daun cincau ini kita rebus, setelah mendidih kita saring, setelah disaring kita mikserkan hasil saringan daun cincau dengan sagu dan setelah merata baru ditaruh ke cetakan dan didinginkan," kata Lusi dalam proses pembuatan cincau.

Cincau produksi Pabrik Cincau W2 di Kota Pangkalpinang
Cincau produksi Pabrik Cincau W2 di Kota Pangkalpinang (Bangkapos.com/Sela Agustika)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved