Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Migrasi TV Analog ke TV Digital, Ketua Komisi I DPRD Babel : Siaran Harus Menjangkau Seluruh Babel

Dia berharap ASO nantinya harus berjalan. Pihaknya juga mendapatkan informasi dua TV swasta sudah siaran percobaan untuk digital.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung, Nicko Plamonia Utama 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Pemberhentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) akan dimulai pada 30 April 2022 pada tiga daerah, yang meliputi Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung, Nicko Plamonia Utama, menilai digitalisasi ini adalah sebuah cita-cita nasional yang selalu kandas dan tidak menjadi prioritas.

Dia menjelaskan, pascakeluarnya UU Nomor 11 Tahun 2020, satu di antaranya adalah mempercepat proses digitalisasi penyiaran Indonesia, terutama TV.

"Kualitas siaran itu rata-rata masih biasa saja. Kalau digital itu nanti bisa diangkat dan diharapkan masyarakat dapat menerima siaran TV digital maksimal di tempat masing-masing," kata Nicko, Kamis (7/4/2022).

Namun, dia menyebut, pada tahun 2019 ada aturan dari Menteri Kominfo tentang pembagian kanal digital di TV.

Dulu, ada tiga wilayah pembagian kerja di Babel, yakni Pangkalpinang, Bangka dan Belitung.

"Sekarang area malah bertambah, ada empat kanal yakni Bangka-Bangka Barat, Pangkalpinang-Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung secara keseluruhan," kata Nicko.

Dia mengatakan, harus ada hal-hal yang dipersiapkan daerah dalam migrasi TV analog ke TV digital.

"Selain siaran banyak, gratis, kualitasnya baik, tapi harus meng-cover (menjangkau, red) seluruh Bangka Belitung, yang kita dibagi dalam empat kanal," imbuhnya.

Dia berharap ASO nantinya harus berjalan. Pihaknya juga mendapatkan informasi dua TV swasta sudah siaran percobaan untuk digital.

"Sesuai dengan UU, lembaga penyiaran itu sendiri tetap wajib 10 persen dari jam siaran itu konten lokal, ini harus kita awasi bersama," kata Nicko. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved