Breaking News:

Berita Sungailiat

Baznas Bangka Tetapkan Zakat Fitrah Rp32.500 per Jiwa, Untuk Zakat Maal dan Fidyah Ini Ketentuannya

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangka menetapkan besaran Zakat Fitrah sebesar 2,5 kg beras per jiwa atau dengan nilai uang Rp 32.500 per jiwa.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Baznas Kabupaten Bangka usai menggelar rapat penentuan nilai nishab zakat fitrah, zakat maal dan fidyah tahun 2022/1443 H di ruang pertemuan Masjid Agung Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka menetapkan besaran Zakat Fitrah sebesar 2,5 kg beras per jiwa atau dengan nilai uang Rp 32.500 per jiwa.

Sedangkan untuk nishab Zakat Maal (harta), apabila seseorang memiliki emas atau tabungan senilai harga emas 85 gram atau Rp74.000.000 bila sudah sampai satu tahun haulnya, wajib membayar zakat 2,5 persen dari Rp 74.000.000.

Sedangkan fidyah ditetapkan Rp20.000 per hari.

Hal ini diungkapkan HM Nasir Hasan, Ketua Baznas Kabupaten Bangka, Jumat (08/04/2022).

Dikatakannya, Baznas Kabupaten Bangka sudah menggelar rapat penentuan nilai nishab zakat fitrah, zakat maal dan fidyah tahun 2022/1443 H di ruang pertemuan Masjid Agung Sungailiat.

"Rapat dihadiri, selain dari Baznas ada juga yang mewakili masjid, ormas Islam, tokoh agama, MUI Bangka, Kemenag Kabupaten Bangka dan intansi terkait seperti Dinas Sosial dan  Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenaga Kerjaan Kabupaten Bangka," jelas Nasir.

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Bangka bisa membayar zakat ke unit penerima zakat (UPZ) yang ada di Kantor Baznas Kabupaten Bangka atau ke masjid-masjid yang ada di Lingkungan masing-masing. 

"Kita juga meminta pengurus masjid di daerah ini, untuk segera membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masing-masing guna mempermudah penerimaan zakat fitrah, zakat maal dan Fidyah dari masyarakat," kata Nasir Hasan.

Selanjutnya diharapkan pihak UPZ melaporkan terkait penerimaan dan penyaluran zakat fitrah, zakat maal, infak, sadaqoh dan fidyah kepada Baznas Kabupaten Bangka.

"Hasil keputusan rapat ini secepatnya kita sampaikan ke para pengurus masjid yang ada di Kabupaten Bangka," kata Nasir.

( Bangkapos.com'> Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved