Breaking News:

Human Interest Story

Kisah Royan Sejak SD Sudah Hafal Al-Qur'an 30 Juz, Sehari Dapat Menghafal 9 Halaman

Menjadi penghafal Al-Qur'an merupakan cita-cita mulia bagi setiap orang, hal itu menjadi keinginan Muhammad Rizki Ar-Royan (13).

Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Muhammad Rizki Ar-Royan (13) santri kelas VII Ma'had Darul Fatah Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM-BANGKA -- Menjadi penghafal Al-Qur'an merupakan cita-cita mulia bagi setiap orang, hal itu menjadi keinginan  Muhammad Rizki Ar-Royan (13) yang merupakan santri kelas VII sekolah menengah pertama (SMP) Qur'an di Ma'had Darul Fatah, Pangkalpinang. 

Di usianya baru menginjak ke 12 tahun, ia berhasil mengkhatamkan hafalan Al-Qur'an 30 juz dalam kurun waktu dua tahun lebih.

Terlebih dia merupakan satu-satunya santri yang telah mengkhatamkan hafalan Al-Qur'an sebanyak 30 juz saat ini.

Remaja kelahiran 28 September 2008 tersebut mulai menghafal Alquran sejak tahun 2019 lalu, kemudian ia berhasil merampungkan hafalannya pada tahun 2021 dalam program kelas tahfiz khusus di pesantrennya.

Keinginannya menjadi seorang hafiz Qur'an dimulai sejak ia duduk di kelas 3 sekolah dasar (SD). Kala itu, ia kerap mengikuti orang tuanya mengikut kajian di Parit Tiga, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Karena dulu dari kecil sering ikut kajian sama abi dengar ceramah akhirnya termotivasi," ungkap Royan kepada Bangkapos.com, Jum'at (08/04/2022).

Awalnya, Royan ingin dimasukkan ke pesantren saat duduk di kelas 3 bangku sekolah dasar (SD). Namun, urung dilaksanakan karena ia masih kecil dan belum cukup umur mandiri.

"Abi mau masukin ke pesantren pas kelas 3 SD tapi waktu itu masih kecil dan belum cukup umur untuk mandiri," kata Royan tersenyum.

Orangtuanya mendukung penuh keinginannya, akhirnya, saat duduk di kelas 5 sekolah dasar (SD) barulah ia menjalankan pendidikannya sebagai santri.

Untuk mencapai hafalan hingga 30 juz bukanlah sesuatu yang mudah, bahkan Royan (13) tidak memiliki hafalan sebelumnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved